KTBA Gelar Festival Hari Anak Nasional

 KTBA Gelar Festival Hari Anak Nasional

IKUTI - Keseruan para peserta saat mengikuti festival hari anak nasional di setiap taman.-Malekha-

*Peringati HAN 2023

KOTA - Dalam rangka memperingati HAN 2023, Komunitas Taman Belajar Anak (KTBA) menggelar kegiatan kolaborasi festival Hari Anak Nasional dengan mengusung tema digital kreator dan wirausaha Gen Z-A. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewadahi dan memfasilitasi potensi anak-anak sesuai bakat dan minatnya, berlangsung di SMP Negeri 5 Kota Pekalongan, Minggu (23/7/2023). 

Humas KTBA Kota Pekalongan dan guru SMPN 5 Kota Pekalongan, Siti Kurnia Khasanah menjelaskan bahwa, dalam kegiatan itu, anak-anak yang hadir dan mengikuti bisa memilih secara leluasa untuk belajar di 16 taman kelas yang ditampilkan sesuai bakat dan minatnya. 16 jenis taman kelas yang disediakan dan dilengkapi instrukturnya diantaranya taman youtuber, taman cinematografi, taman jurnalis, taman televisi, taman semesta, taman ecoprint, taman edu wisata, taman fun english, taman senikmat kopi, dan sebagainya. 

"Peserta yang hadir kurang lebih 400 anak yang terbagi dalam beberapa kelas, setiap kelas sekitar 20 anak/kelas," ucapnya. 

Menurutnya, anak-anak dari TK/PAUD hingga SMA dibagi sesuai dengan minat mereka untuk kegiatan tersebut, dengan mayoritas anak-anak di tingkat TK/PAUD memilih restoran dan kursus wisata pendidikan. Siswa SMP dan SMA juga mengikuti kelas kopi, radio, televisi, vlogger, dan luar angkasa.

“Total ada 16 taman kelas, termasuk taman ecoprint tempat anak-anak belajar membuat karya seni dengan menggunakan bahan alami,” jelasnya.

Ditambahkannya, size acara Festival Hari Anak Nasional Muhammad Fikri Maulana kegiatan ini merupakan bagian program Taman Komunitas Belajar Anak (KTBA) yang  bertujuan untuk memupuk bakat dan minat anak-anak yang tidak dipupuk secara khusus.  

“Ada kegiatan kelas di sini, khususnya terkait kreator dan wirausaha digital seperti YouTuber Park, Sinematografi dan Televisi,” tambah  Fikri.

Fikri menjelaskan, tema “Digital Creators and Entrepreneurs” dipilih karena semua  serba digital. Dimana pascapandemi COVID-19, pembangunan pendidikan harus go digital  “Ini salah satu cara agar anak-anak tertarik dengan dunia digital,” pungkasnya. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: