Kerajinan Gergaji Ukir Kayu Scroll Saw Buatan Warga Pekalongan

Kerajinan Gergaji Ukir Kayu Scroll Saw Buatan Warga Pekalongan

Inovasi- Inovasi alat Gergaji Ukir ciptaan warga Padukuhan Kraton Kota Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Teknologi tepat guna yang dibutuhkan bagi tukang kayu ataupun pekerja kerajinan kayu salah satunya adalah Gergaji ukir atau Scroll Saw. Di tangan Adi Irvanto warga asal Padukuhan Kraton, Kota Pekalongan, mampu menciptakan Gergaji Ukir  kayu sederhana dengan harga terjangkau.

Inovasi Gergaji ukir kayu milik Adi sendiri bahkan sudah menjuarai sederet penghargaan di Kota Pekalongan bahkan Provinsi. Hal ini dibagikan anggota Pokja Padukuhan Kraton, Hatta saat ditanya soal inovasi Teknologi Tepat Guna yang dihasilkan warga Padukuhan Kraton, Kota Pekalongan.

"Alat ukir ini bisa digunakan dimedia akrilik atau pun triplek, dan pencipta sendiri Adi Irvanto asal Padukuhan Kraton. Meski hanya lulusan SD, Adi kreatif menciptakan inovasi ini," kata Hatta.

Dijelaskan Hatta, Adi sendiri saat ini menjual hasil produk inovasinya di workshop pribadi yang diberi nama Bagus Mesin.

"Untuk bahan pembuatan gergaji ukir ini menggunakan bantuan dinamo mesin jahit. Kemudian ada Kayu, Plat setrip, besi holow 2x2, Paku, Baud dan lainnya," terangnya.

Penjualan sendiri, sejauh ini Adi Irvanto memanfaatkan berbagai platform media untuk pemasaran sehingga penjualan pun sudah tembus luar kota.

"Pemasaran sudah cukup lama, lewat beberapa media sehingga sudah keluar kota penjualan nya. Untuk harga gergaji ukir ini dibanderol Rp600 ribu/mesin. Dan sejauh ini pemesan baru by order," jelasnya.

Dengan dihadirkan inovasi Gergaji ukir kayu ini diharapkan mampu menjembatani para UMKM kecil di kota Pekalongan.

"Alat ini diciptakan untuk menjembatani para UMKM kecil yang membuat kerajinan dengan skala kecil. Sehingga diharapkan dengan alat sederhana ini nantinya mereka bisa sendiri dibuat dirumah," jelasnya.

Selain alat Gergaji ukir, warga Padukuhan Kraton juga aktif membuat inovasi kreasi lainnya ada berupa alat pendeteksi rob hingga produk olahan dari Terong ungu dari kelompok Tani Utari (Usaha Tani Mandiri) di sana.(DF)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: