Cara Menyimpan Telur di Kulkas yang Benar, Biar Tahan Lama dan Aman Dikonsumsi

Cara Menyimpan Telur di Kulkas yang Benar, Biar Tahan Lama dan Aman Dikonsumsi

Ilustrasi menyimpan telur di kulkas.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Telur saat ini jadi makanan wajib yang harus ada di kulkas. Sebab, telur mudah dimasak dan harganya terjangkau. Untuk itu, perhatikan cara menyimpan telur di kulkas, agar bisa tahan lama dan tetap aman untuk dikonsumsi.

Dengan kandungan gizinya yang tinggi, telur hampir tiap hari dimakan oleh manusia. telur miliki kandungan nutrisi berupa 162 kal energi, 12.80 gram protein, 11.50 gram lemak, 0.70 gram karbohidrat, 54.00 mg kalsium, 180 mg fosfor, 3.00 mg zat besi, 900 IU vitamin A dan 0.10 mg vitamin B. 

Dibandingkan sumber protein hewani lainnya seperti daging dan ikan, telur ayam paling awet untuk disimpan. Meski demikian, cara menyimpan telur yang benar tetap harus diperhatikan.

Baca juga:Cara Mudah Memilih Telur yang Baik, Bisa Diketahui dari Cangkangnya

Berikut ini cara menyimpan telur yang benar seperti dilansir dari berbagai sumber, agar telur tahan lama dan tidak cepat rusak. Sehingga telur tetap aman untuk dimakan mesti sudah disimpan selama beberapa hari.

1. Simpan telur di dalam karton aslinya

Cara menyimpan telur yang benar ialah dengan menyimpannya di dalam karton asli telur. Karton asli telur merupakan tempat terbaik untuk menyimpan telur. Bahan komposit karton mencegah kulit telur yang memiliki ribuan pori-pori kecil akan menyerap bau dari barang-barang lainnya di lemari es. Ini juga berfungsi untuk membuat telur tetap berjarak dan tertutup dengan aman, sehingga telur tidak akan retak atau hancur.

2. Hindari menyimpan telur di rak pintu kulkas

Jangan simpan telur di rak pintunya, melainkan di bagian utama kulkas. Letakkan telur di rak tengah kulkas. Idealnya di bagian belakang. Dengan demikian, telur berada di dalam suhu lingkungan kulkas yang konsisten. 

Perubahan suhu akibat buka-tutup pintu kulkas rentan terjadi. Sehingga dapat meningkatkan risiko kerusakan telur, mendorong pertumbuhan bakteri dan merusak membran pelindung telur.

3. Letakkan telur dengan baik

Simpan telur di kulkas dengan posisi bagian lebar di atas dan bagian runcing di bawah. Cara ini dapat membantu menjaga kuning telur tetap berada di tengah, sehingga telur dapat bertahan lama di kulkas.

4. Menjaga telur tetap kering (jangan dicuci)

Telur memiliki lapisan alami di bagian luar yang membantu menjaga agar telur di dalamnya tidak rusak. Jika bagian ini dicuci, maka telur harus segera didinginkan. Telur yang belum dicuci dapat disimpan di lemari es tahan selama berminggu-minggu. Bersihkan telur dengan kain lembut tanpa air, agar tidak mengikis lapisan terluar cangkangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: