SMPN 1 Wonopringgo Sukses Juara Umum Pramuka Nusantara 2

 SMPN 1 Wonopringgo Sukses Juara Umum Pramuka Nusantara 2

BERFOTO - Kontingen SMPN 1 Wonopringgo berfoto bersama usai menerima penghargaan.-Malekha-

WONOPRINGGO - Kontingen SMPN 1 Wonopringgo Kwarcab Kabupaten Pekalongan menjadi juara umum dalam lomba Nusantara 2 yang diselenggarakan oleh MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 Juli 2023. Nusantara 2 merupakan lomba ketrampilan Pramuka penggalang yang diikuti oleh anggota Pramuka di Karesidenan Pekalongan.

Peserta lomba terdiri dari Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kota Tegal.

Kegiatan Nusantara 2 dikemas dalam sistem kompetisi atau perlombaan. Lomba ini mengusung dengan tema Mewayu Hayuning Nuswantara. Adapun cabang yang dilombakan adalah pionering, yel-yel, PBB, dan cerdas tangkas Pramuka.

Kontingen SMPN 1 Wonopringgo mengirimkan regu Garuda untuk putra dan regu sakura untuk yang putri. Kontingen ini mengikuti lomba dengan persiapan kurang lebih satu bulan. Hasilnya menjadi juara umum dengan memperoleh kejuaraan juara 1 lomba yel-yel, juara 2 lomba cerdas cermat, dan juara 2 lomba pionering.

“Sungguh menakjubkan, dari segi fasilitas yang diberikan bagus, reward dari lomba ini luar biasa," ujar Arya sebagai pemimpin regu putra. 

Sejalan dengan hal itu menurut Nindya selaku pemimpin regu putri menyampaikan bahwa sangat menyenangkan karena bisa membawa nama baik kontingen dan ini menjadi bekal untuk mengikuti lomba Pramuka Garuda berprestasi tingkat Jawa tengah.

Disampaikan pula oleh Pembina Pramuka SMP 1 Wonopringgo, Danang Setiaji, “Apresiasi yang tinggi untuk segenap panitia yang sudah mengadakan lomba ini. Nusantara 2 hanyalah sebuah metode dalam pendidikan kepramukaan. Yang terpenting bukanlah juara tetapi pendidikan karakter pada anggota Pramuka. Kontingen kami menjadi kuda hitam di lomba ini dan meraih juara umum. Tentunya ini didapat dengan tidak mudah. Butuh proses untuk menjadi yang terbaik," pungkasnya. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: