Baznas Beri Permodalan Jutaan Rupiah pada Pelaku UMKM

Baznas Beri Permodalan Jutaan Rupiah pada Pelaku UMKM

PELATIHAN - Baznas Kabupaten Batang menggelar pelatihan pembuatan aneka macam makanan kecil seperti kue dan roti dengan bahan dasar singkong dan bengkoang, Kamis (3/8/2023).-Dhia Thufail-

BATANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batang memberikan pelatihan dan permodalan bagi masyarakat di daerahnya yang serius menekuni UMKM. Seperti terlihat pada Kamis (3/8/2023). Sedikitnya 26 orang dari Kecamatan Tulis dan Subah mengikuti pelatihan pembuatan aneka macam makanan kecil seperti kue dan roti dengan bahan dasar singkong dan bengkoang.

"Peserta didominasi warga yang berpotensi menjadi pelaku usaha di bidang kuliner yang andal. Sebagian memang sudah ada yang mengawali usaha makanan kecil, cuma kualitasnya belum optimal, sebagian lainnya belum memiliki usaha kuliner," jelas Wakil Ketua III Bidang Keuangan dan Pelaporan Baznas Batang, Slamet Siswadi.

Tak hanya kompetensi, lanjut dia, namun peserta juga diberikan bantuan permodalan berupa mixer, oven, dan peralatan lainnya.

"Besaran anggaran yang dioptimalkan sebesar Rp51 juta, diantaranya diaplikasikan berbentuk modal dan peralatan sebesar Rp2,1 juta untuk tiap peserta," ujarnya.

Dikatakan Slamet Siswadi, melalui pelatihan dan pemberian modal ini, Baznas Batang berupaya mengimplementasikan zakat produktif dalam bentuk pelatihan yang disesuaikan potensi lingkungan dan bakat dari warga setempat.

"Segala ilmu kompetensi yang diperoleh melalui pelatihan ini agar dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Karena pelatihan ini merupakan amanat dari zakat, jangan berhenti sampai di sini. Terapkan ilmu yang didapat, agar bisa meningkat dari mustahik jadi muzaki," katanya.

Masih kata Slamet Siswadi, sebelumnya Baznas telah mengimplementasikan zakat produktif dalam bentuk budidaya jamur tiram di Kecamatan Bawang, Tersono, dan Limpung.

Kemudian tata boga di Kecamatan Batang dan sekitarnya serta pelatihan laundry di Kecamatan Banyuputih dan Gringsing.

Dalam waktu dekat, kata dia, Baznas akan kembali menggelar pelatihan, yakni produksi jamu dan pangkas rambut yang melibatkan Tim Penggerak PKK serta praktisi.

"Pelatihan produksi jamu rencananya akan digelar di Kecamatan Batang dan pangkas rambut di Kecamatan Bawang," tandasnya. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: