Yuk Donor, Stok 2 Golongan Darah PMI Batang Minim

Yuk Donor, Stok 2 Golongan Darah PMI Batang Minim

Petugas PMI Kabupaten Batang saat mengecek ketersediaan stok darah. -IST -

BATANG, RADARPEKALONGAN - Stok darah di Kabupaten PMI Kabupaten Batang saat ini masih minim. Khususnya untuk golongan darah A dan AB. Dimana saat ini ketersediaan golongan darah A 30, B 55, O 74  dan AB 12 kantong.

“Yang masih kritis golongan darah A dan AB. Meski demikian, golongan darah AB masih aman karena sebulan hanya 3 yang minta, terutama dari RSUD Batang, Limpung dan QIM,” ujar Manajer Kualitas UDD PMI Batang, Isbandiah saat ditemui, di ruang UDD PMI Batang, Kabupaten Batang, Jumat (4/8/2023).

Menurutnya dengan kondisi ini, keteraediaan darah masih aman. Meski masih ada golongandarah yang masih harus dipenuhi. Sejumlah Standar Operasional Prosedur (SOP) diterapkan untuk memenuhi kebutuhan darah, yakni menghubungi langsung pendonor, maupun menggunakan aplikasi.

"Setiap harinya diperkirakan sebanyak 30 kantong darah diminta oleh tiga rumah sakit tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan darah dalam sebulan, dilakukan jemput bola dengan donor darah keliling di 20 titik dengan target 1.000 kantong," ujarnya. 

Selain itu pihaknya juga rutin memantau jadwal pendonor untuk kembali mendonor melalui sistem aplikasi otomatis. 

Pendonor rutin asal Banyuputih, Wahyu Kuncoro dari Banyuputih mengaku donor darah sudah rutinitas sejak SMA. Kini ia pun sudah 43 kali melakukan donor darah. 

“Dengan donor secara berkala justru membuat badan lebih segar, sehat dan ringan. Bisa diibaratkan seperti sepeda motor yang rutin ganti oli, gerakannya jadi tambah gesit,” pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: