Penanganan Rob dari Pemalang-Batang Harus Sepaket, Rizal Bawazier : Jika Tak Tuntas, akan Muncul Persolan Baru

Penanganan Rob dari Pemalang-Batang Harus Sepaket, Rizal Bawazier : Jika Tak Tuntas, akan Muncul Persolan Baru

Dewan Pakar DPP PKS, Rizal Bawazier.-Dony Widyo -

BATANG - Penanganan rob yang terjadi di sepanjang kawasan pesisir mulai dari Pemalang hingga Batang, harus dilakukan secara komprehensif dan juga satu paket.

Pasalnya, jika dilakukan secara parsial atau tidak satu paket, maka justru akan memperparah kondisi rob di daerah lain yang berada di sebelahnya.

"Penanganan abrasi harus satu paket, jika tidak, maka tidak akan menyelesaikan masalah. Namun justru menimbulkan masalah baru di daerah lain yang berdekatan," ujar Dewan Pakar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rizal Bawazier, ketika di temui di Batang, Sabtu 24 

Rizal Bawazier mencontoh, saat berkunjung ke Kota Pekalongan mengikuti pengajian rutin di Kanzuz Shalawat yang dipimpin Maulana Habib Luthfi bin Yahya, terlihat jika pembangunan tanggul raksasa sudah membuat masalah rob di daerah tersebut mulai teratasi.

"Namun kini muncul masalah baru untuk wilayah Kabupaten Batang dan Pekalongan, yaitu abrasi yang terjadi semakin parah. Sehingga penanganannya seharusnya bisa dilakukan dalam satu paket, sehingga persoalan yang terjadi bisa teratasi secara menyeluruh," jelas pria yang juga Calon Legislatif DPR RI dari PKS untuk daerah pemilihan Jawa Tengah 10 ini.

Untuk itulah, lanjut Rizal Bawazier, harus ada lagi penanganan untuk masalah rob di Kabupaten Batang, Pekalongan dan juga Pemalang. "Dengan begitu, persoalan rob ini dapat tertangani dengan baik, sehingga dampak negatif yang dirasakan masyarakat juga bisa dikurangi," lanjutnya.

Terpenting, menurutnya yaitu hadirnya pemerintah pusat dalam penanganan rob ini. Mengingat kabupaten dan kota tidak akan mampu jika harus menangani persoalan rob ini, karena anggaranya sangat besar.

"Jika anggaran mengatasi rob ini harus ditanggung Pemda, bisa habis anggarannya hanya untuk menangani satu persoalan saja. Karena itulah, pemerintah pusat harus hadir dalam penanganan persoalan ini," tegasnya.

Untuk itulah, dirinya bertekad untuk bisa masuk Senayan agar bisa membantu perjuangan pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan rob maupun abrasi ini.

"Insyaallah jika terpilih nanti, penanganan rob dan abrasi sepanjang pesisir dari Pemalang hingga Batang akan menjadi prioritas perjuangan untuk dituntaskan. Sehingga masyarakat yang berada di kawasan pesisir bisa hidup dengan tenang," tandas Rizal Bawazier. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: