Meriahnya Perayaan HUT RI di Desa Tragung, Peserta Lomba Sampai Membludak

Meriahnya Perayaan HUT RI di Desa Tragung, Peserta Lomba Sampai Membludak

MEMBLUDAK - Peserta lomba menyanyi dan mewarnai dalam rangka perayaan HUT RI ke-78 di Desa Tragung, Kandeman, ternyata membludak.-saefudin-

BATANG - Kata siapa kemeriahan perayaan HUT RI hanya ada di kota-kota. Nyatanya, warga di kampung-kampung sekalipun selalu punya kreativitas tersendiri dalam merayakan momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya di Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Batang.

Kegiatan dalam rangka menyambut dan menyemarakkan ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI ke-78 itu dilaksanakan di Perpusdes Wahana Ilmu Desa Tragung, Minggu (6/8/2023) kemarin. Kegiatan ini juga dbidani oleh Perpusdes Wahana Ilmu dengan menggandeng banyak pihak.

Acara juga dihadiri Kepala Desa Tragung beserta perangkat dan RT, Kepala PAUD, Kepala TK, Kepala SD Tragung 01, Kepala SD Tragung 02. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Desaku. Setelah itu, Kepala Desa Tragung, Wanuri memukul gong tanda dibukanya acara, yang disambut seluruh peserta dan pendamping.

Adapun acaranya berupa lomba menyanyi untuk jenjang SD dan lomba mewarnai untuk jenjang PAUD dan TK. Lomba ini sukses menyedot animo peserta, di mana ratusan anak ikut ambil bagian dalam lomba menyanyi maupun mewarnai.

"Ini kejutan yang menggembirakan bagi Perpusdes Wahana Ilmu selaku penyelenggara. Karena sejak awal kami hanya mengestimasi jumlah peserta maksimal 50 an, eh ini yang ikut bisa sampai ratusan. Ternyata antuasime anak-anak PAUD, TK dan SD untuk ikut lomba menyanyi dan mewarnai ini sangat tinggi," ungkap Ketua Panitia, Iman Mustofa didampingi Sekretaris Panitia, Windi Eko.

Dijelaskan Iman Mustofa, lomba HUT RI ke-78 ini mencakup tiga kategori. Pertama ada lomba menyanyi untuk jenjang SD, yakni kelas 3 sampai 6. Kedua, lomba mewarnai kategori A yang diperuntukkan bagi anak-anak usia PAUD sampai TK. Yang terakhir ada lomba mewarnai kategori B yang dikhususkan bagi siswa kelas 1 sampai 2 SD. 

"Untuk lomba menyanyi, panitia menetapkan lagu wajib berjudul "Desaku". Selain untuk menumbuhkan perasaan cinta desa sendiri, lagu ini dipilih karena banyak anak-anak saat ini yang alih-alih menghafal lagu anak malah lebih paham lagu-lagu untuk orang dewasa," jelas Iman.

Meski hanya perayaan tingkat desa, Perpusdes Wahana Ilmu mampu mengkolaborasikan kegiatan ini dengan Pemerintah Desa Tragung, khususnya dengan event Tragung Olympic 2023 yang diinisiasi Pemdes untuk memeriahkan HUT RI sebulan full.

Perpusdes Wahana Ilmu juga menggandeng Disperpuska Batang guna menghadirkan layanan mobil perpustakaan keliling selama jalannya acara. Kecuali itu, acara perlombaan juga mendapatkan support sponsor dari Cendana Wangi Motor Batang, PKBM Wahana Ilmu, dan juga Rumah Belajar Ahe Caraka Tragung.

"Atas nama kepanitiaan Perpusdes Wahana Ilmu, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu dan mensupport acara ini. Termasuk panitia Tragung Olympic 2023," jelas Iman.

Sementara Kades Tragung, Wanuri, pun mengapresiasi Perpusdes Wahana Ilmu yang telah menghadirkan acara lomba dallam rangka HUT RI ke-78 dengan meriah dan sukses. "Alhamdulillah, acaranya sangat meriah dan sukses. Selaku kepala desa, kami ikut senang," katanya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: