Pemkot Kembali Gelar Lomba Seketeng Agustusan

 Pemkot Kembali Gelar Lomba Seketeng Agustusan

LOMBA SEKETENG - Salah satu gapura peserta lomba seketeng pada Agustus 2022 yang lalu.-Wahyu Hidayat-

KOTA - Pemerintah Kota Pekalongan kembali mengadakan lomba seketeng atau gapura bagi warga di 27 kelurahan Kota Pekalongan, dalam rangka menyambut HUT RI Ke-78 pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Pekalongan, Niluh Sri Setiawati mengatakan lomba seketeng ini untuk kekompakan dan gotong royong masyarakat Kota Pekalongan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI.

Niluh menjelaskan bahwa konsep lomba seketeng tahun 2023 masih sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja temanya disesuaikan dari tema HUT ke-78 RI 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'. Sedangkan untuk Kota Pekalongan sendiri bertajuk 'Kreatif, Kolaboratif, Bersatu untuk Pekalongan Maju'.

Penilaian lomba seketeng ini akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2023 untuk masing-masing kelurahan. Lalu pada 17 Agustus penilaian 10 besar, dan tanggal 18 Agustus malam pada resepsi HUT RI akan dilaksanakan pengumuman pemenang. 

Niluh berharap 27 kelurahan bisa turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan tahun ini, "Kami berharap seluruh kelurahan bisa mengirimkan wakilnya untuk menyemarakkan HUT RI ke-78 untuk masing-masing kelurahan kita batasi 2 perwakilan," tuturnya.

Terkait juara dan hadiah, disebutkan Niluh juara 1 Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta, juara 3 Rp5 juta, harapan 1 Rp3 juta, harapan 2, Rp2,5 juta, dan harapan 3 Rp2 juta. "Unsur penilaiannya yakni orisinalitas, kesesuaian dengan tema, kreativitas, estetika, dan partisipasi masyarakat," ujar Niluh.

Pihaknya berharap melalui lomba tersebut bisa menyemarakkan dan membangkitkan semangat gotong royong serta partisipasi masyarakat saat proses pada saat pembuatan seketengnya, 

"Tahun ini hanya ada lomba seketeng, tidak ada lomba kelurahan terbersih karena sudah tercover dalam lomba PHBS yang diadakan oleh Dinas Kesehatan kolaborasi dengan DLH," pungkasnya. (way)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: