Tim II KKN Undip Tanam 900 Bibit Pohon di Lahan Kosong di Desa Kalimojosari Pekalongan

Tim II KKN Undip Tanam 900 Bibit Pohon di Lahan Kosong di Desa Kalimojosari Pekalongan

Mahasiswa KKN Tim II Undip tanam ratusan bibit pohon di lahan kosong di Desa Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Peduli lingkungan, tim II KKN Universitas Diponegoro (Undip) 2022/2023 tanam 900 bibit pohon di lahan kosong di Desa Kalimojosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Ratusan bibit buah-buahan bantuan Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tananam Hutan Jateng ini ditanam di lahan desa yang tak produktif di desa itu.

Septi Noviana, salah satu mahasiswa tim II KKN Undip, Sabtu, 12 Agustus 2023, mengatakan, menyadari pentingnya menjaga ekosistem bumi, mahasiswa tim II KKN Undip 2022/2023 bersama perangkat desa dan karang taruna Desa Kalimojosari berinisiatif melaksanakan program penanaman 900 bibit pohon di lahan kosong di desa itu. 

Baca juga:KKN Tim II Undip 2023 Bersama Polres Pekalongan Bentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Lemahabang

"Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya lahan kosong di balai desa yang tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga lahan tersebut dipenuhi oleh tumbuhan liar. Kegiatan penanaman ini juga selaras dengan adanya rencana program penanaman pohon dari desa," kata dia.

Oleh karena itu, dua belas mahasiswa tim II KKN Undip dibawah dosen pembimbing lapangan Septrial Arafat berkolaborasi bersama perangkat desa untuk merealisasikan program tersebut. Menurutnya, program penanaman dengan tema 'Penanaman Bibit Pohon Guna Pemanfaatan Lahan Sebagai Bentuk Pelestarian Lingkungan' bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati, mengurangi jejak karbon, dan melawan perubahan iklim.

"Untuk pengadaan bibitnya kami bekerjasama dengan Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tananam Hutan Jateng," terang dia.

Jenis bibit pohon yang ditanam, antara lain bibit pohon mangga, alpukat, kelengkeng, jambu biji, rambutan, dan nangka. Kegiatan penanaman bibit pohon dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB dengan diawali sambutan Kepala Desa Kalimojosari Syahirul Alim, dan Koordinator Desa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2022/2023 Ghina Azlia Prasasty. 

Baca lagi:Mahasiswa KKN Unikal Tahun 2023 di Kelurahan Jenggot Pekalongan Buat Teh Celup Bunga Telang

Ghina Azlia Ptasasty menambahkan, sebanyak 300 bibit pohon ditanam bersama di halaman belakang Balai Desa Kalimojosari. Sebanyak 50 bibit pohon ditanam di Dukuh Simbang dan 50 bibit pohon di Lapangan Jaten Desa Kalimojosari. Sedangkan 500 bibit pohon yang lainnya dibagikan kepada warga sekitar Desa Kalimojosari.

Dikatakan, penanaman pohon ini adalah langkah konkret yang dilakukan untuk melestarikan lingkungan dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. Kegiatan penanaman bibit pohon ini dapat memberikan beberapa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. 

Manfaat pertama, kata dia, dapat membantu mengurangi tingkat polusi udara, sekaligus meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Kedua, memberikan keteduhan dan mengurangi suhu permukaan. Ketiga, masyarakat merasa lebih dekat dengan alam dan lebih peduli terhadap lingkungan. 

"Keberhasilan acara penanaman pohon ini bukan hanya ditentukan oleh bibit yang ditanam saja, melainkan oleh semangat dan komitmen kita semua untuk berkontribusi dalam menjaga alam," ujar dia. 

Dengan semangat dan kolaborasi dari berbagai pihak, diharapkan program penanaman bibit pohon ini dapat berlanjut dan berdampak positif bagi ekosistem serta masyarakat sekitar.

"Mari bersama-sama bergandengan tangan untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan lestari," ajaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: