Bhabinkamtibmas Polsek Wiradesa dan Mahasiswa KKN Undip Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Wonokerto Pekalongan

Bhabinkamtibmas Polsek Wiradesa dan Mahasiswa KKN Undip Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Wonokerto Pekalongan

Bhabinkamtibmas Polsek Wiradesa, mahasiswa KKN Undip dan Pemdes Tratebang tanam bibit mangrove di pesisir Pantai Wonokerto.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Guna melindungi pesisir dari abrasi, mahasiswa KKN Undip melaksanakan penanaman bibit mangrove di kawasan pesisir Pantai Wonokerto, Rabu, 7 Agustus 2024.

Aksi penghijauan di pesisir ini dilaksanakan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Wiradesa Aiptu Sartono, pemerintah desa, dan warga Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. 

Kegiatan ini merupakan program prioritas nasional mahasiswa KKN Undip bersama Polres Pekalongan berupa peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan ketahanan bencana, dan perubahan iklim serta pembangunan rendah karbon.

Kepala Desa Tratebang, Pronisa, menyampaikan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas Aiptu Sartono yang telah menyerahkan bibit mangrove guna ditanam bersama warga dan mahasiswa KKN Undip.

"Kami dari Kades Tratebang yang wilayahnya meliputi tambak dan pesisir di kawasan pantai utara menyampaikan terima kasih atas giat Polres Pekalongan yang peduli kawasan pesisir melalui program prioritas nasional ini," ujar dia. 

Baca juga:Mahasiswa KKN UIN Gus Dur Sosialisasi Kekerasan Seksual dan Gizi Anemia di Desa Sumurjomblangbogo

Melalui program prioritas nasional kawasan pesisir oleh semua elemen, seperti Polres Pekalongan dan mahasiswa, Pronisa berharap, kesadaran masyarakat pesisir tergerak dalam merawat tanaman mangrove. 

"Ini merupakan tanggung jawab kita bersama guna melestarikan mangrove di kawasan pesisir," kata dia.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Polsek Wiradesa Aiptu Sartono menyampaikan terima kasih kepada kepala desa dan warga Tratebang serta mahasiswa KKN Undip yang telah terlibat dalam giat program prioritas nasional penanaman mangrove di kawasan pesisir laut utara Desa Tratebang tersebut.

Menurutnya, program prioritas nasional mengenai pengawasan mangrove di kawasan pesisir ini untuk menjaga keseimbangan alam berupa peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan ketahanan bencana, dan perubahan iklim serta pembangunan rendah karbon.

"Penanaman mangrove bertujuan untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi dan mengembalikan habitat hutan mangrove yang ada," kata Aiptu Sartono.

Setelah penanaman ini, Bhabin juga mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk bisa menjaga, memantau dan merawatnya. Sehingga bisa terus terjaga dan tumbuh memberikan manfaat bagi ekosistem pantai, serta masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: