4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Sedang Menganggur, Yuk Sadari Mulai Sekarang

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Sedang Menganggur, Yuk Sadari Mulai Sekarang

menjaga kesehatan mental ketika sedang menganggur-Freepik-https://www.freepik.com/free-photo/horizontal-shot-unemployed-young-male-wearing-white-t-shirt-beige-jeans-sitting-barefooted-sofa-work-portable-computer-having-sad-frustrated-facial-expression-searching-job-online_11035972.htm#query=unemployment&from_que

Memang dengan membicarakan secara terbuka tentang kondisi saat ini ke orang lain memanglah tidak mudah.

Namun dengan membuka diri kepada teman-teman atau keluarga terdekat yang dapat memberikan pengaruh besar bagi kesehatan mental kamu.

Alangkah baiknya untuk jangan menutup diri dari orang sekitar. Tetaplah terhubung dengan orang-orang terdekat yang sungguh-sungguh peduli dan tulus untuk mendukung sepenuhnya dirimu.

2.    Menjalani rutinitas harian dengan baik

Ketika sedang menganggur seringkali malas-malasan di tempat tidur sepanjang hari, tidak makan dengan tepat waktu, dan menghindari tanggung jawab rutin hanya akan memberi dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga mampu membuat kamu merasa semakin tidak berguna.

Jadi ketika kamu sedang menganggur berusahalah untuk tetap bangun pagi pada waktu yang sama ketika kamu masih bangun pagi untuk bekerja dulu.

Lalu usahakan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat secara teratur dan juga luangkanlah waktu untuk berolahraga setiap hari. Maka dengan begitu, kamu dapat merasa jauh lebih baik dan lebih semangat.

BACA JUGA:4 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Sejak Dini, Salah Satunya Berikan Mereka Kesempatan dan Kepercayaan!

3.    Tetap berusaha mencari pekerjaan dan jangan sampai menjadi beban pikiran

Mencari pekerjaan memanglah suatu hal yang sulit dan mampu membuat stres. Namun dengan menjadi pengangguran membuat kamu mungkin mempunyai tekanan yang lebih besar untuk secara konsisten mencari pekerjaan.

Dengan berusaha mencari pekerjaan setiap hari, kamu juga jangan lupa untuk menjaga atau tetap meluangkan waktu untuk dapat beristirahat, bersantai, bersenang-senang. Tak mempunyai pekerjaan bukan berarti kamu tak berhak untuk bersenang-senang.

4.    Membangun relasi

Cara yang lain dalam rangka sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mental selama menganggur adalah dengan membangun relasi. Kehilangan pekerjaan atau sedang dalam kondisi belum bekerja bukan berarti kamu kehilangan relasi.

Tidak ada kata terlambat untuk kamu dalam memperluas jaringan sosial. Justru dengan membangun relasi ataupun persahabatan baru maka bisa menjadi sangat penting untuk dapat membantu kamu mengatasi stres karena menganggur.

Hal ini dapat kamu mulai dengan cara menemui orang baru dengan minat yang sama, seperi bergabung dengan klub membaca, klub senang, komunitas olahraga, ataupun pada komunitas yang sama-sama sedang mencari pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: