4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Sedang Menganggur, Yuk Sadari Mulai Sekarang

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Sedang Menganggur, Yuk Sadari Mulai Sekarang

menjaga kesehatan mental ketika sedang menganggur-Freepik-https://www.freepik.com/free-photo/horizontal-shot-unemployed-young-male-wearing-white-t-shirt-beige-jeans-sitting-barefooted-sofa-work-portable-computer-having-sad-frustrated-facial-expression-searching-job-online_11035972.htm#query=unemployment&from_que

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Inilah cara menjaga kesehatan mental ketika sedang menganggur.

Sedang berada di fase menganggur seringkali seseorang menjadi hilang arah dan juga merasa kehilangan jati diri. Kehilangan pekerjaan secara mendadak atau tiba-tiba tentu mampu memicu stres.

Selain harus memikirkan bagaimana cara untuk dapat tetap bertahan hidup, kondisi ketika berada di rumah saja dan sedang menganggur juga dapat membuat seseorang menjadi down, merasa malu, rendah diri, merasa putus asa, atau bahkan merasa depresi.

Meskipun sedang dalam kondisi ini tidak mudah, kamu dianjurkan untuk sebisa mungkin tetap menjaga kesehatan mental, karena kesehatan mental adalah komponen yang sangat penting untuk dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Karena memiliki kondisi mental yang baik membuat kamu untuk dapat tetap mempunyai pikiran yang positif dan juga semangat untuk dapat bangkit dan kembali berusaha agar mendapatkan pekerjaan yang baru.

Setelah dunia mengalami pandemi Covid-19, banyak sektor yang terdampak. Karena pandemi Covid-19 mampu memberikan dampak yang cukup besar ada perekonomian masyarakat.

Banyak tempat usaha atau bahkan banyak perusahaan yang mengalami penurunan omzet dan kerugian, sehingga terpaksa harus mengalami jumlah karyawan.

Akibatnya, tak sedikit orang yang menjadi pengangguran. Kondisi ini tak jarang membuat orang menjadi korban dan mengalami pemutusan hubungan kerja ataupun pengangguran lainnya kerap pitis asa dan juga stres.

Situasi menganggur alias tak bekerja mampu memicu emosi yang naik turun. Apalagi jika menganggur dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA:Cobain Yuk, 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Damai

Bila hal ini tak segera diatasi dapat berdampak kepada kesehatan mental atau dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Adapun berbagai cara yang dapat kamu lakukan sebagai upaya dalam menjaga kesehatan mental ketika menganggur adalah:

1.    Jangan mencoba untuk menutup diri

Seringkali ketika seseorang menganggur atau sedang dalam fase pengangguran, mereka akan merasa malu, sehingga akhirnya lebih memilih untuk menarik diri dari teman-teman dan juga keluarga atau orang-orang terdekatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: