Cobain Yuk, 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Damai

Cobain Yuk, 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Damai

ilustrasi cara meningkatkan kecerdasan emosional-tangkapan layar-pexel.com

RADARPEKALONGAN – Sukses dalam kehidupan tidak berarti punya segudang prestasi atau punya banyak uang saja, namun juga memiliki kecerdasan emosional yang baik. 

Dengan begitu, seseorang akan punya skill komunikasi dengan orang lain juga diri sendiri yang mumpuni.

Kecerdasan emosional adalah keahlian mengenali dan mengelola emosi yang dirasakan. Termasuk memahami dan menanggapi emosi orang lain dengan tepat.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan kecerdasan emosional.

Dengan memiliki keahlian tersebut, kamu menjadi lebih bijak dan bisa menjalin kehidupan dan berinteraksi dengan orang lain tanpa masalah tertentu. Jalan menuju kesuksesan juga bisa diraih dengan lebih mudah. Berikut beberapa cara meningkatkan kecerdasan emosional yang bisa kamu lakukan.

1. Kenali Emosi yang Dirasakan

Apapun yang sedang terjadi denganmu, kamu perlu tahu bagaimana perasaanmu saat itu. Entah marah, sedih, kecewa, sebal, atau menyesal. Tidak ada salahnya kita bertanya pada perasaan diri sendiri. 

Jangan menyangkal apap yang kamu rasakan. Cara mengingkatkan kecerdasan emosional ini berlatih untuk jujur kepada diri sendiri. Coba tanyakan pada diri sendiri, apa yang sedang dirasakan? Dengan begitu, kamu bisa memahami perasaan yang sedang dialami sehingga mampu mengontrol tindakan yang akan dilakukan. 

2. Temukan Akar Masalah

Cara meningkatkan kecerdasan emosional juga bisa kamu lakukan dengan mencari akar masalah dari setiap problem. Seperti misalnya saat mendengarkan cerita orang lain dan kamu kurang berempati, kamu bisa bertanya bagaimana dia merasa seperti itu? Mengapa kamu tidak merasakannya?

BACA JUGA:Hipnoterapi Menyembuhkan Masalah Pikiran Bawah Sadar yang Sulit Dijangkau

Juga berusaha memahami perasaan dan keadaan orang lain dengan apa yang mereka alami. Dengan begitu kamu bisa menemukan akar masalah yang sedang dialami olehmu juga orang lain. Akhirnya, kamu bisa saling memahami dan kemudian menemukan jalan keluar yang tepat. 

3. Amati Perubahan Mood yang Terjadi

Mood seseorang kerap kali berubah. Terutama wanita yang kerap mengalami mood swing karena pengaruh hormon. Nah, cara meningkatkan kecerdasan emosional berikutnya adalah mengamati perubahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: