Cobain Yuk, 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Damai

Cobain Yuk, 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Damai

ilustrasi cara meningkatkan kecerdasan emosional-tangkapan layar-pexel.com

Misalnya saat kamu mendadak menjadi sensitif, apakah hal itu karena trigger tertentu seperti ada kegelisahan terhadap suatu hal atau beberapa situasi lain. Dengan meruntut hal tersebut, kamu jadi tau alasan dan menemukan jalan keluar untuk menanganinya dengan tepat.

4. Journaling

Cara meningkatkan kecerdasan emosional berikutnya adalah menulis jurnal setiap aktivitas dan perasaan yang kamu alami. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencerdaskan emosimu karena kamu bisa memahami perasaan apa yang sedang kamu alami, penyebab dari kegalauanmu, serta cara menangani emosimu. 

BACA JUGA:Halal dan Realistis, Begini 6 Cara Cepat Kaya Ala Orang Jepang yang Cocok untuk Semua Kalangan

Pun dengan apa yang terjadi kepada orang lain dan berkaitan denganmu. Melalui journaling tersebut, kamu akan memahami apa yang orang lain rasakan, penyebab emosinya, serta cara meredakan emosinya. 

5. Introspeksi Diri 

Alih-alih menyalahkan orang lain, kamu perlu berlatih untuk introspeksi diri dan melihat ke dalam. Cara meningkatkan kecerdasan emosional ini juga berlaku saat kamu mendapatkan kritik. Cobalah terbuka dengan pendapat orang lain dan lihat faktanya.

6. Minta Pendapat Orang Lain

Meminta pendapat orang lain tentang keadaan emosimu bisa jadi cara meningkatkan kecerdasan emosional. Cara ini tidak ada salahnya. Kamu butuh sudut pandang orang terdekat untuk mengetahui bagaimana pendapatnya ketika kamu sedang emosi atau lelah.

Bagaimana dampak emosimu untuk orang sekitar? Apa yang sebaiknya kamu lakukan menurutnya? Dari situ kamu bisa mengetahui diri kita dan memahami sudut pandang serta perasaan orang lain yang berinteraksi dengan kita. 

7. Tidak Gegabah dalam Bertindak

Cara meningkatkan kecerdasan emosional yang terakhir adalah tidak gegabah dalam bertindak, dan memikirkan terlebih dahulu apa yang akan kamu lakukan saat menghadapi sesuatu.

Terlebih saat emosi sedang menguasai diri sendiri, maka baiknya kendalikan diri dan tidak memutuskan sesuatu. Ambil waktu sebentar untuk memikirkan tindakan apa yang akan dilakukan, juga dampak negatif dan positif dari tindakan yang akan kamu ambil. Dengan begitu, tidak ada orang yang dirugikan, termasuk dirimu sendiri.  

Itulah beberapa cara meningkatkan kecerdasan emosional agar kita bisa hidup dengan damai dan lebih bijak. Semoga bermanfaat ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: