Upgrade Tingkat Kesejahteraan Emosional dengan 6 Cara Ini, Buat Kamu Lebih Stabil!

Upgrade Tingkat Kesejahteraan Emosional dengan 6 Cara Ini, Buat Kamu Lebih Stabil!

Tips meningkatkan kesejahteraan emosional.--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Kesejahteraan emosional dimaknai sebagai kemampuan seseorang untuk menangani emosi yang muncul dalam berbagai pengalaman yang mereka alami dalam hidup.

Buruknya kualitas kesejahteraan emosional yang dimiliki seseorang kemudian dapat membuat dia memiliki masalah serius dalam penanganan emosi di kehidupan sehari-hari.

Ada banyak kemungkinan bahwa tidak mampu menjalani hidup dalam keadaan emosi positif dapat berakibat lebih buruk, terutama karena keadaan emosi negatif menyebabkan stres. Berikut beberapa contohnya:

·         Kekebalan tubuh lebih rendah: stres melemahkan sistem kekebalan tubuh.

·         Hipertensi: stres jangka panjang memperburuk tekanan darah.

·         Meningkatnya penyakit: stres memperburuk segalanya mulai dari masalah jantung hingga masalah kejiwaan.

·         Masalah hubungan

·         Kesulitan di tempat kerja

·         Kesulitan berkonsentrasi

Manfaat Kesejahteraan Emosional yang Kuat

Meskipun kesejahteraan emosional yang buruk dapat menimbulkan masalah besar dalam hidupmu, memiliki kesehatan emosional yang kuat dapat membantumu berkembang. Ini adalah beberapa dari banyak manfaat memiliki kesejahteraan emosional yang baik:

·         Hubunganmu dengan orang lain bisa menjadi yang terbaik.

·         Mengurangi stres mengurangi penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

·         Kepositifan meningkatkan produktivitas, membantumu mencapai lebih banyak dalam hidup.

Bagaimana Mengoptimalkan Kesejahteraan Emosional dalam Dirimu

Sekarang setelah kamu memahami betapa pentingnya kesejahteraan emosional untuk hidup sehat, kamu mungkin bertanya-tanya apakah ada hal spesifik yang dapat kamu lakukan agar kesejahteraan emosionalmu berada pada kondisi terbaiknya.

Untungnya, tidak ada kekurangan aktivitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan emosional. Baca terus untuk mengetahui bagaimana kamu dapat meningkatkan dan meningkatkan kondisi pikiranmu.

Latih Perhatian

Perhatian atau mindfulness adalah tentang hadir pada saat ini. Daripada hidup dengan autopilot, mindfulness mendorong kita untuk benar-benar mengambil bagian dalam hidup kita, dan hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional. Kamu dapat melatih kesadaran dalam melakukan segala hal mulai dari berlari hingga makan.

Terhubung dan Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Tidak perlu melalui perjalanan ini sendirian! Kesejahteraan emosional adalah tentang terhubung dan mampu mengatasi emosimu sendiri, tetapi sebagian besar kehidupan emosional kita dijalani bersama orang-orang yang kita kenal dan cintai.

Usahakan untuk secara sengaja membicarakan perasaanmu kepada orang lain, sehingga kamu dapat memahaminya. Tanyakan kepada orang lain tentang perasaan mereka, sehingga kamu mempunyai kesempatan untuk merasakan perspektif yang berbeda.

Cobalah terhubung dengan orang-orang di luar demografimu sehingga kamu memiliki pengalaman hidup yang lebih baik selain pengalaman hidupmu sendiri. Ada banyak sekali manfaat berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, salah satunya adalah peningkatan kesehatan emosional.

Kelola Stres

Mengelola stres adalah kunci untuk tetap sehat secara emosional dan fisik. Saat memulai praktik manajemen stres, cobalah berbagai aktivitas untuk melihat mana yang paling cocok untukmu dan membuatmu merasa lebih bahagia.

Kamu bisa melakukan meditasi sederhana dengan bantuan video YouTube atau aplikasi, berjalan-jalan, mandi, atau berlatih pernapasan dalam.

Jaga Kesejahteraan Fisikmu

Kita sering memikirkan diri fisik dan emosional kita secara terpisah, namun seperti yang kamu lihat di sini, keduanya sangat terhubung. Dengan meningkatkan kesehatan fisik, kamu juga akan melihat manfaatnya secara emosional.

Melakukan aktivitas yang meningkatkan endorfin, yang merupakan salah satu bahan kimia yang menghasilkan perasaan nyaman di tubuh kita, adalah cara mudah untuk meningkatkan kesejahteraan emosional. Endorfin dapat ditingkatkan melalui segala hal mulai dari menari hingga tertawa.

Bekerja Menuju Kehidupan yang Seimbang

Keseimbangan kehidupan kerja adalah sesuatu yang sering kita bicarakan sebagai masyarakat. Itu karena orang-orang mulai menyadari bahwa ketika mereka bekerja terlalu banyak, mereka tidak punya waktu untuk menjalin hubungan pribadi, bersantai, atau bersenang-senang.

Untuk menjadi yang terbaik secara emosional, kamu perlu memupuk keseimbangan antara bekerja dan bermain. Menyisihkan waktu yang ditentukan untuk melakukan aktivitas rekreasi dan membuat batasan tegas di sekitar jam kerja adalah dua cara sederhana untuk membantu meningkatkan keseimbangan ini.

Investasikan dalam Tidur

Kebiasaan dan perilaku tidurmu dikenal sebagai kebersihan tidur. Semakin baik kamu tidur, semakin besar peluangmu untuk merasa nyaman saat bangun.

Tingkatkan kebersihan tidurmu melalui praktik seperti menetapkan waktu tidur yang ditentukan, membatasi kafein di sore hari, dan tidak makan berlebihan sebelum tidur.

 

Masing-masing perubahan ini mungkin tampak seperti sebuah langkah kecil saja, namun jika digabungkan, kamu mungkin akan menyadari adanya peningkatan besar.

Kesehatan emosional penting untuk hidup sehat, dan menggunakan satu atau lebih alat mudah ini dapat mengarahkanmu untuk meningkatkan kesehatanmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind