Pentingnya Memiliki Kesehatan Emosional yang Baik, Bisa Berimbas pada 3 Aspek Ini

Pentingnya Memiliki Kesehatan Emosional yang Baik, Bisa Berimbas pada 3 Aspek Ini

Pentingnya memiliki kesehatan emosional.--freepik.com

RADARPEKALONGAN -;Kesehatan emosional, yang juga dikenal sebagai kesejahteraan emosional, adalah kemampuan seseorang untuk menangani emosinya dan berbagai pengalaman yang mereka temui dalam hidup.

Pusat Kesehatan Emosional Nasional mendefinisikan kesehatan dalam aspek emosional sebagai "kesadaran, pemahaman dan penerimaan perasaan kita, dan kemampuan kita untuk mengelola secara efektif melalui tantangan dan perubahan."

Sejarah Kesehatan Emosional

Konsep kesehatan secara luas mulai mengemuka dalam kesadaran masyarakat pada tahun 1950-an, menurut Global Wellness Institute. Bentuk kesehatan kuno, seperti Ayurveda dan Pengobatan Tradisional Tiongkok, telah ada selama ribuan tahun, namun budaya Barat belum berpikir proaktif tentang kesehatan hingga zaman yang lebih modern.

Tidak ada seorang pun yang dianggap sebagai penemu gagasan kesehatan emosional. Pemahaman bahwa tidak mungkin memiliki kehidupan yang sehat dan memuaskan jika seseorang tidak merasa sehat secara emosional telah berkembang selama beberapa dekade terakhir.

Hal ini kini menjadi titik fokus dari gerakan kesehatan secara keseluruhan. Oktober adalah Bulan Kesehatan Emosional, yang menunjukkan betapa pentingnya konsep ini kini dianggap oleh banyak orang.

Baca juga : 3 Komponen Self-Compassion, Bantu Kamu Sukses Upgrade Kualitas Diri

Bagaimana Kesehatan Emosional Mempengaruhi Hidupmu

Kamu mungkin tidak menyadari betapa banyak bidang kehidupan yang melibatkan kesehatan emosionalmu, atau kekurangannya. Mari kita lihat bagaimana kemampuan yang kamu punya untuk menangani, memahami, dan mengelola emosi memengaruhi hidupmu.

Hubungan

Saat kita berinteraksi dengan orang lain, penting bagi kita untuk memahami sudut pkamung kita sendiri mengenai berbagai isu. Terkadang kita berselisih paham dengan orang lain, dan untuk menjaga hubungan tetap bahagia dan sehat, kita harus bisa berselisih paham dengan cara yang tenang dan pantas.

Jika kamu tidak mampu mengendalikan emosimu dengan baik, maka sulit pula menghadapi emosi orang lain. Keadaan kesehatan emosional memengaruhi hubungan kita, baik hubungan pribadi maupun profesional.

Supaya dapat terhubung dan berhubungan dengan orang lain dengan baik, semakin sehat emosi kita, semakin banyak dukungan dan perhatian yang dapat kita berikan kepada orang-orang yang kita kasihi dan hormati.

Baca juga : Hindari 3 Sikap Mendengarkan Ini, Sebab Kamu Memiliki Komunikasi yang Buruk

Pekerjaan dan Sekolah

Baik kamu sudah berpuluh-puluh tahun menjalani karier yang kamu pilih atau masih memutuskan apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup, kemampuanmu untuk menangani situasi yang muncul sangat penting untuk kesuksesanmu.

Mengetahui apa yang kamu rasakan, mengatasi emosimu, dan mampu bergerak maju dari tantangan dengan pola pikir positif, semuanya akan membawa hasil yang lebih baik dalam kehidupan akademis dan profesionalmu.

Kesehatan Mental

Ini mungkin tampak jelas, namun kesehatan emosional dalam dirimu adalah bagian besar dari kesehatan mental dan kesejahteraanmu secara keseluruhan.

Meskipun fakta tersebut berlaku untuk semua orang, hal ini bisa berdampak lebih besar bagi mereka yang menghadapi tantangan dan kondisi kesehatan mental.

Saat kamu belajar tentang cara menghadapi tantangan kesehatan mentalmu sendiri, kamu akan paling berhasil dalam mengatasinya jika kamu berhubungan dengan, dan mampu menghadapi, perasaan dan emosimu.

Itulah pentingnya kesehatan dalam lingkup emosional dan perannya dalam memengaruhi beberapa aspek dalam hidupmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind