Jangan Asal! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Olahraga untuk Memulihkan Kesejahteraan Emosional

Jangan Asal! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Olahraga untuk Memulihkan Kesejahteraan Emosional

Rencana olahraga fisik untuk kesehatan mental.--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Jangan asal, perhatikan 4 hal ini sebelum nemulai olahraga untuk memulihkan kesejahteraan emosional.

Sebagaimana pandangan medis, ternyata olahraga tidak hanya berperan dalam kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mentalmu.

Namun, jika kamu baru memulai program olahraga untuk memulihkan kesejahteraan emosional, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan bentuk olahraga dan tingkat intensitas terbaik untuk kondisi fisikmu.

Riwayat kesehatanmu, pengobatan saat ini, dan kondisi yang didiagnosis semuanya dapat berperan dalam kemampuanmu untuk berolahraga.

Jika kamu curiga dirimu mengidap penyakit mental atau sedang dirawat oleh ahli kesehatan mental, tanyakan bagaimana kamu dapat memasukkan aktivitas fisik ke dalam perawatanmu.

Seorang profesional kesehatan mental yang berkualifikasi dapat memberikan saran tentang strategi terbaik untuk menangani kondisi spesifikmu.

Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Untungnya, ada banyak jenis olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan mental. Dari angkat beban hingga lari, penting untuk menemukan olahraga yang kamu sukai. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa baik untuk kesehatan mental.

Yoga

Yoga dapat berkisar dari yang lembut hingga yang menantang. Bentuk yoga yang paling umum (hatha yoga) melibatkan pose fisik (dikenal sebagai asana), pernapasan terkontrol, dan periode meditasi.

Yoga adalah metode berisiko rendah untuk penyembuhan tubuh dan pikiran. Seringkali efek positifnya dapat dirasakan hanya setelah satu kelas.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice menemukan bahwa yoga dapat membantu:

· Mengurangi gairah fisiologis

· Detak jantung lebih rendah

· Tekanan darah rendah

· Meningkatkan pernapasan

· Kurangi respons stres

· Mengurangi depresi dan kecemasan

· Meningkatkan energi dan perasaan sejahtera

Latihan Aerobik

Semakin banyak bukti penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik secara teratur (seperti lari, bersepeda, atau berenang) dikaitkan dengan kesehatan psikologis yang lebih baik.

Meskipun penelitian berfokus pada depresi, gangguan panik, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD), terdapat juga beberapa bukti yang menunjukkan efek positif olahraga terhadap fobia sosial.

Baik sesi tunggal maupun program latihan aerobik jangka panjang telah terbukti memberikan manfaat positif bagi kesehatan psikologis.

Meskipun latihan aerobik selama lima hingga 10 menit dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan, program teratur yang berlangsung selama 10 hingga 15 minggu tampaknya dapat meningkatkan kondisi mental seseorang secara keseluruhan.

4 Hal untuk Diperhatikan Sebelum Memulai Rencana Olahraga Fisik

Setelah kamu mendapat persetujuan dan rekomendasi dokter, kamu harus memutuskan program olahraga yang tepat untukmu.

Apakah kamu ingin mengambil kelas? Mungkinkah menyewa seorang pelatih di gym bermanfaat? Apakah kamu lebih suka berjalan sendiri sambil mendengarkan musik favorit? Kunci untuk tetap mengikuti suatu program adalah menemukan sesuatu yang kamu sukai.

Saat memulai rencana olahraga baru, awalnya kamu mungkin merasa sangat termotivasi. Motivasi berolahraga ini bisa sangat bermanfaat dalam membantumu memulai rencana olahraga baru.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di Maturitas menemukan bahwa olahraga dua hingga enam jam setiap minggu adalah waktu terbaik untuk kesehatan mental yang optimal.

Berikut beberapa tips untuk memulai dan mempertahankan rencana olahragamu:

Jangan melebih-lebihkan

Berhati-hatilah untuk tidak memaksakan diri pada awalnya, karena dapat menyebabkan cedera fisik. Ingatlah bahwa meskipun olahraga itu menyenangkan dan dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kecemasanmu, olahraga tidak akan menimbulkan masalah fisik.

Lakukan perlahan pada awalnya dan tingkatkan olahragamu secara bertahap seiring waktu.

Buatlah komitmen terhadap rencana olahragamu

Dari para eksekutif yang stres hingga orang tua yang kelelahan dan harus tinggal di rumah, semua orang sibuk. Meluangkan waktu untuk berolahraga berarti kamu menjadikan kesehatan dan kesejahteraanmu sebagai prioritas utama.

Mungkin perlu waktu sebelum kamu melihat perbaikan pada gejalamu. Untuk hasil terbaik, tetap bersabar dan konsisten dengan program olahragamu.

Sadarilah bahwa motivasimu dapat berubah pada berbagai tahap rencana olahramu 

Tidak jarang antusiasme awalmu memudar seiring berjalannya waktu. Mengubah sedikit rutinitasmu atau mencari pilihan olahraga baru dapat membantu.

Misalnya, jika kamu bosan dengan treadmill di gym setempat, cobalah berjalan kaki atau bergabung dengan kelompok hiking.
Pilihan alternatif ini juga dapat memberikan manfaat tambahan dalam membantumu bersosialisasi saat berolahraga.

 

Teruslah bereksperimen

Bereksperimenlah dengan berbagai strategi untuk menemukan strategi yang paling cocok untukmu. Jika kamu kesulitan untuk tetap berolahraga di pagi hari, cobalah berolahraga di sore hari.

Atau, jikamu takut pergi ke gym, cobalah berolahraga di luar ruangan. Teruslah bereksperimen sampai kamu menemukan sesuatu yang mungkin kamu sukai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind