Krapyak Jadi Kampung Perikanan Udang Vaname

Krapyak Jadi Kampung Perikanan Udang Vaname

SERAHKAN - Wali Kota Pekalongan menyerahkan bantuan sarpras perikanan tambak.-Ainul Atho-

KOTA - Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan ditetapkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan sebagai Kampung Perikanan Udang Vaname. Menindaklanjuti hal tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan menyalurkan bantuan sarpras budidaya Udang Vaname untuk Pokdan Mina Dewi Makmur dan Berkah Mulyo, Selasa (15/8/2023). 

Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid menyerahkan secara langsung 300 ribu benih udang vaname dan sarpras perikanan tambak kepada Pokdan Mina Dewi Makmur dan Berkah Mulyo. "Alhamdulillah ada bantuan untuk kelompok budidaya tambak. Ini ada 300 ribu benih udang, mudah-mudahan dapat memberikan semangat untuk teman kelompok budidaya," kata Wali Kota Aaf, sapaan akrabnya. 

Dilontarkan Aaf, Slamaran ini banyak tambak-tambak tapi kondisi sekarang tak seperti tahun 1990an atau awal tahun 2000. Kualitas tanah semakin berkurang, harus ada penanganan yang intensif. Bagaimana pemberian vitamin untuk tanah dan sebagainya, perlunya dilakukan pengeringan, jadi setelah panen jangan langsung digunakan harus dikeringkan dan diberi obat untuk mematikan virus dan bakteri. 

"Tadi sempat diskusi pula efek pembangunan tanggul berpengaruh pada kesulitan teman-teman Pokdan mendapatkan air dari sungai.Tadu sudah dipecahkan dengan DKP dan BBWS untuk solusinya agar terus dapat budidaya tambak udang," tutur Aaf. 

Di samping benih, disebutkan Aaf bantuan juga berupa vitamin, obat, plastik, dan sarpras lainnya yang mudah-mudahan bermanfaat. "Selama ini mereka jalan apa adanya, mereka mandiri, ada untung sedikit disyukuri, tak untung tetap disyukuri. Hari ini pemerintah hadir membersamai, semoga mereka dapat mengembalikan kejayaan tambak udang," tutup Aaf. 

Sementara itu, Kepala DKP Kota Pekalongan, Sugiyo menjelaskan bahwa sebetulnya kampung perikanan udang vaname Krapyak ini sudah diusulkan sebelumnya, dan tahun 2023 sesuai dengan Permen KP 111 Tahun 2023 ditetapkan sebagai Kampung Perikanan Budidaya Udang Vaname. "Dengan adanya penetapan ini pemerintah pusat mengucurkan anggaran berupa DAK yang kami alokasikan untuk pengembangan perikanan udang vaname di Kelurahan Krapyak," beber Sugiyo. 

Diungkapkan Sugiyo, selain 300 ribu benih, obat, pembasmi hama, juga diberikan bantuan berupa kincir air, dan listrik. Di sini fokus untuk Kampung Udang Vaname, selain ini DKP masih mengusulkan untuk Kampung Nila di Bandengan.

Ketua Pokdan Mina Dewi Makmur, Daroji mengaku senang dengan bantuan yang diberikan ini. Pasalnya ia memulai usaha tambak dengan modal kecil-kecilan dan ini akhirnya dapat bantuan. "Ini kami dapat bantu kincir, listrik, benih udang, pakan, dan obat. Total per kelompok senilai Rp150 juta," kata Daroji. 

Disebutkan Daroji, untuk panen diperkirakan bulan Desember, ia menanam 150.000 benih panennya diperkirakan satu ton lebih.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: