Yakin Mau Jadi Orang Tua? Ini 5 Hal yang Harus Dipastikan Sebelum Memiliki Anak, Upayakan Tercentang Semua

Yakin Mau Jadi Orang Tua? Ini 5 Hal yang Harus Dipastikan Sebelum Memiliki Anak, Upayakan Tercentang Semua

ilustrasi hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak-tangkapan layar-pexel.com

RADARPEKALONGAN – Menjadi orang tua bukanlah hal mudah, karena akan mengalami banyak perubahan dalam hidup, sehingga ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak.

Tanggung jawab orang tua juga merupakan tugas seumur hidup hingga akhirnya bisa melepas anak sampai usia mandiri atau dewasa.

Hal ini terkait dengan kesiapan pasangan atau calon orang tua untuk menerima kehadiran anggota keluarga baru yang harus dirawat, dididik, diasuh, dan dibersarkan dengan sebaik-baiknya.

Tidak hanya sekedar finansial, persiapan memiliki anak lebih kompleks dari sekedar urusan uang.

Lalu, apa saja hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak? Simak artikel berikut sampai akhir.

1. Psikis dan Mental

Bisa dibilang psikis dan mental adalah hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak yang paling utama. Calon orang tua harus memiliki kematangan dan kedewasaan dalam berpikir, memutuskan sesuatu, berkata-kata, dan bertindak sebab mereka akan menjadi panutan anak.

Mereka juga yang akan menjadi pendidik pertama anak sehingga harus bisa membimbing dengan penuh ketulusan dan kesabaran. Jadi, untuk menjadi orang tua juga berarti mau belajar, menerima masukan, mau mengakui kesalahan, memperbaiki diri, dan memiliki manajemen emosi yang baik.

BACA JUGA:4 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Sejak Dini, Salah Satunya Berikan Mereka Kesempatan dan Kepercayaan!

Misalnya calon orang tua masih memiliki masalah batin yang terkait dengan pengasuhan, ada baiknya hal itu diselesaikan terlebih dahulu sehingga tidak berdampak pada calon anak yang akan dimiliki.

2. Kesehatan

Tidak hanya untuk calon ibu yang akan mengandung, hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak juga termasuk kesehatan ayah. Ibu perlu melakukan tes kesehatan secara lengkap untuk mengetahui kemungkinannya menjalani kehamilan dan melahirkan.

Tapi sebelum itu, ibu dan ayah sendiri harus menjalani tes kesehatan sebelum mengambil keputusan memiliki anak terkait dengan risiko kelainan yang akan terjadi dengan bayi. Beberapa keadaan kesehatan bisa berpengaruh pada janin dan risiko turunan.

Dengan memastikan kesehatan, kedua calon orang tua bisa mengetahui kondisi peringatan kesehatan. Jika tetap memutuskan untuk memiliki anak maka risiko yang mungkin terjadi dengan calon ibu dan bayi pun dapat diminimalisir dengan persiapan yang lebih baik entah dari segi psikis maupun finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: