Haul Simbah KH Mukhtash Nuri Azizi Dihadiri Cucu Syekh Hasyim Asy'ari

Haul Simbah KH Mukhtash Nuri Azizi Dihadiri Cucu Syekh Hasyim Asy'ari

HADIR - Sekda Kendal, Sugiono hadir mewakili Bupati Dico M Ganinduto pada acara Haul ke-40 Simbah Simbah KH Mukhtash Nuri Azizi, Selasa (15/8/2023).-red/sef-

KENDAL - Kegiatan Haul ke-40 Simbah Simbah KH Mukhtash Nuri Azizi, Pendiri Pondok Pesantren Darul Hikmah Desa Lanji, Kecamatan Patebon, Kendal, dihadiri sejumlah kiai pesantren, Selasa (15/8/2023). Salah satunya KH Fahmi Amrullah Hadziq yang notabene salah satu Cucu Syekh Hasyim Asy’ari, sang Pendiri NU dari Tebuireng Jombang.

Selain itu, hadir pula para pimpinan Pesantren di Kabupaten Kendal, salah satunya Pimpinan Pondok Pesantren Apik Kaliwungu, KH Sholahudin. Sementara dari unsur pemerintahan, Sekda Kendal Sugiono hadir mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto, ada juga Camat Patebon, Kades Lanji dan jajaran, para alumni pondok, serta warga Kabupaten Kendal.

Membacakan sambutan Bupati Kendal, Sekda Sugiono menyatakan menyambut baik kegiatan Haul ini, dan ini menjadi tradisi yang harus terus dilestarikan, sebagai penghargaan kepada para tokoh agama dan alim ulama khususnya kepada Almarhum Simbah KH Mukhtash Nuri Azizi.

"Di mana semasa beliau hidup telah berjuang guna syiar agama Islam, sehingga tentunya kita patut mendo’akan bersama. Semoga kegiatan ini, dapat lebih menjalin silaturrahim dan Ukhuwah Islamiyah, dalam mewujudkan tata kehidupan masyarakat Kendal yang aman, damai, tenteram dan kondusif, sekaligus juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT," tutur Sekda Kendal.

Tak lupa Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada KH Fahmi Amrullah Hadziq salah satu Cucu KH. Hasyim Asy’ari Pendiri NU dari Tebuireng Jombang yang sudah hadir dalam acara ini. Kehadirannya diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi kita semua untuk memperkuat ilmu agama, dan demi memperkokoh keimanan dan amal kita dalam menjalani kehidupan, agar senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT.

Sugiono juga nengajak Seluruh jama’ah dan seluruh masyarakat Desa Lanji untuk menjadikan peringatan Haul Simbah KH. Mukhtash Nuri Azizi pada hari ini, sebagai momentum untuk meningkatkan amal ibadah, sert memantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman. Selain itu, mengingat dan terus berupaya memperjuangkan apa yang sudah diperjuangkan oleh Simbah KH. Mukhtash Nuri Azizi, agar seluruh masyarakat Kendal menjadi orang yang sholeh dan sholekhah, dan Kabupaten Kendal selalu mendapatkan keberkahan.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikmah, KH Nur Kholidin menjelaskan, sejarah pembentukan Pondok Pesantren Darul Hikmah yang didirikan oleh Al-Maghfurlah KH Mukhtash Nuri Azizi dimulai sejak tahun 1950-an, di mana pada masa itu KH Mukhtash Nuri Azizi telah menyelesaikan pendidikan mondoknya, kemudian mengajak sebagian temannya untuk meneruskan kegiatan mengaji bersama.

"Selanjutnya, terbentuklah Pondok Pesantren Darul Hikmah pada tahun 1960. Pada perkembangannya, di tahun 1970-an asrama kedua dibangun di sisi utara masjid. Pada tahun 1984 Simbah KH Mukhtash Nuri Azizi meninggal dunia, dan kepengurusan Pondok Pesantren Darul Hikmah diteruskan oleh keluarganya hingga saat ini," jelas KH Nur Kholidin.

Menurut KH Nur Kholidin, keberadaan pesantren memiliki peran sangat penting, karena dapat mengantarkan perkembangan daya pikir serta sikap mental bagi para santrinya. Pesantren Darul Hikmah ini tidak diragukan lagi dalam mencetak SDM yang handal dan unggul, melalui Ponpes ini InsyaAllah para santri menjadi generasi bangsa yang membanggakan bagi orang tua, bangsa dan negara. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: