Sah! Ponpes Al Maliki Pekalongan Miliki Izin Operasional dari Kemenag

Sah! Ponpes Al Maliki Pekalongan Miliki Izin Operasional dari Kemenag

Penyerahan secara simbolis izin operasional Ponpes Al Maliki Pekalongan di acara Tahtiman Ngaji Pasaran di Ponpes Al Maliki Pekalongan, Minggu malam, 31 Maret 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pondok Pesantren (Ponpes) Salaf Al Maliki Pekalongan kini telah memiliki izin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Ponpes yang didirikan oleh Yayasan Al Maliki Indonesia Pekalongan tersebut telah terdaftar dalam Statistik Pesantren di bawah Ditjen Pendis Kemenag, dengan nomor statistik 510233750061.

Penyerahan secara simbolis surat izin operasional dan Piagam Statistik Ponpes Al Maliki Pekalongan tersebut dilaksanakan di sela-sela kegiatan 'Tahtiman Ngaji Pasaran' yang dilaksanakan di Joglo Kyai Ageng Pekalongan, Kompleks Ponpes Al Maliki dan MTs Al Maliki Cendekia Pekalongan, di Jalan Kyai Ageng Pekalongan, Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan pada Minggu malam, 31 Maret 2024.

Penyerahan dilakukan oleh Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky, kepada pengasuh Ponpes Al Maliki, KH Muhammad Saefudin Amirin. Turut hadir mendampingi, Kepala MAN Insan Cendekia Pekalongan Khoirul Anam, dan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Doni Prakoso Widamanto.

BACA JUGA:Bangun Kemandirian, Ponpes Almaliki Punya Usaha Depo Air Minum Isi Ulang

Tak hanya itu, turut diserahkan pula izin operasional untuk Madrasah Diniyah Al Maliki Pekalongan, yang selama ini menjalankan kegiatannya di Jalan Pelita III Kelurahan Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan.

Acara Tahtim Ngaji Pasaran Ponpes Al Maliki dan Majelis Ta'lim Al Maliki ini berlangsung cukup meriah dan khidmat. Acara diisi dengan penampilan kolaborasi para santri, berupa nadhoman Aqidatul Awam, Khotmil Qur'an, dan hiburan drama oleh para santriwan santriwati.

Diisi pula dengan tausiah oleh Wakapolres Pekalongan Kota Kompol Pujiono. Tausiah oleh Kompol Pujiono ini menambah suasana bertambah hidup sekaligus produktif, yang mana para wali santri serta tokoh yang hadir secara spontan turut berpartisipasi akan menyumbangkan wakaf tanah untuk pengembangan Ponpes Al Maliki.

Acara tahtiman dihadiri para santriwan santriwati, para wali santri, Wali Kota Pekalongan, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan dan jajarannya, Kapolres Pekalongan Kota besetta pejabat utama Polres Pekalongan Kota, Kepala MAN IC Pekalongan dan jajarannya, sejumlah ulama, tokoh, tamu undangan, dan masyarakat umum.

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid menuturkan apa yang telah dicapai Al Maliki Pekalongan saat ini luar biasa.

"Saya mengikuti sejak empat tahun laku, dari belum ada bangunan sama sekali, lalu peletakan batu pertama, dan sekarang sudah ada pendopo, pondok, ruang-ruang kelas," katanya.

Dirinya berharap para santri Al Maliki menjadi generasi penerus terutama dalam penguatan ilmu keagamaan.

"Alhamdulillah ada keberkahan. Besar harapan kami agar para pimpinan, pengasuh, pengurus, wali santri, dan para santri di sini ke depannya bisa meraih apa yang dicita-citakan. Tentunya ini juga keberkahan untuk Kota Pekalongan," imbuh Aaf.

BACA JUGA:Ulama Sejumlah Negara Ikut Letakkan Batu Pertama MTs Almaliki Cendekia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: