Jangan Panik, Begini 6 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat, Cukup Pakai Bahan di Rumah Aja

Jangan Panik, Begini 6 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat, Cukup Pakai Bahan di Rumah Aja

ilustrasi cara menurunkan demam anak tanpa obat-tangkapan layar-pexel.com

RADARPEKALONGAN – Anak demam bisa membuat orang tua kalang kabut. Terlebih jika tak kunjung turun. Tapi sebenarnya ibu ataupun ayah tidak perlu khawatir berlebihan.

Ada cara menurunkan demam anak tanpa obat yang bisa dilakukan dengan segera sebagai pertolongan pertama.

Demam, entah itu terjadi pada anak atau orang dewasa sebenarnya adalah respon alami tubuh karena sistem imun melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Sistem imun akan meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga pada prosesnya, suhu badan jadi meningkat.

Alih-alih panik, orang tua sebaiknya melakukan pertolongan pertama sesegera mungkin saat demam terjadi. Tidak perlu langsung membeli obat, berikut cara mudah yang bisa dilakukan di rumah.

1. Kompres Bagian Tertentu

Saat anak demam, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian ketiak dan lipatan selangkangan anak. Bagian tersebut adalah tempat dimana banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit.

Lakukan kompres dengan handuk kecil yang direndam dalam air biasa atau suam-suam kuku. Jangan pakai air dingin atau air es karena pembuluh darah bisa mengecil dan justru meningkatkan suhu tubuh.

2. Pakai Pakaian Tipis

Selain mengompres, cara menurunkan demam anak tanpa obat berikutnya adalah dengan memakai baju tipis. Hindari pemakaian baju berlapis karena hal itu tidak menghangatkan tapi justru membuat panas yang dikeluarkan tubuh terperangkap.

BACA JUGA:Mantap Bund, Ini 7 Manfaat Minum Susu Secara Rutin untuk Anak, Tidak Hanya Segi Fisik tapi Juga Daya Pikir!

Upayakan anak memakai baju yang tipis dengan bahan adem agar panas bisa segera keluar. Jika merasa kedinginan, cukup tambahkan selimut saja.

3. Banyak Minum Air Putih

Demam bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan karena bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegahnya, banyak minum air putih karena minuman ini juga bisa menurunkan demam sekaligus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: