Jangan Dibuang, 6 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan Tubuh Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Mengonsumsinya

Jangan Dibuang, 6 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan Tubuh Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Mengonsumsinya

ilustrasi manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh-tangkapan layar-pexel.com

RADARPEKALONGAN – Selama ini kita hanya memakan daging buah semangka saja. Padahal tidak hanya buahnya, ada juga berbagai manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh, lho. kulit semangka berwarna hijau dan memiliki tekstur keras dan tidak terlalu berair, berbeda dengan daging buahnya.

Kandungan yang ada pada kulit semangka tersebut meliputi Vitamin A, Vitamin C, kalium, Vitamin B6, seng, dan rendah kalori. Kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat di dalam kulit semangka adalah citrulline, klorofil, asam amino, likopen, senyawa fenolik dan flavonoid yang bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dengan banyak kandungan tersebut, kulit semangka punya banyak manfaat yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan juga tentunya. Berikut daftar manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Saat kamu memiliki tekanan darah tinggi, cobalah meredamnya dengan mengonsumsi semangka, termasuk kulitnya juga. Kandungan citrulline di dalam kulit semangka bisa mengurangi tekanan darah pada orang yang memiliki hipertensi.

Selain itu semangka juga bisa mengatasi masalah diuretik yang biasanya direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Tidak perlu bingung untuk mengonsumsinya, kamu bisa membekukan irisan semangka utuh sebagai camilan yang enak dinikmati saat cuaca panas.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam 1 porsi cangkirnya, ada 30 persen kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan tubuh. 

BACA JUGA:Apa Saja Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan? Tidak Melulu Soal Jerawat, Ini 8 Khasiat Lainnya

Saat kebutuhan vitamin C sudah terpenuhi dengan baik maka selanjutnya vitamin tersebut akan menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin itu juga akan merangsang produksi sel darah putih yang bisa untuk melawan infeksi dan patogen asing yang masuk ke dalam tubuh.

3. Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat

Ibu hamil biasanya mengalami morning sickness dengan mual yang cukup parah. Untuk meredakannya, ibu hamil bisa mengonsumsi kulit semangka karena mengandung gula alami yang akan membantu meminimalkan gejala mual pada morning sickness.

Manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh ibu hamil yang lainnya dalah bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi saat kehamilan. Khasiat tersebut didapatkan karena kulit semangka memiliki kalium yang bagus untuk tubuh.

4. Bagus untuk Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: