Ikuti Google Maps, Kurir Tersesat di Jalan Mati di Hutan Paninggaran

Ikuti Google Maps, Kurir Tersesat di Jalan Mati di Hutan Paninggaran

Kurir yang tersesat di jalan mati di kawasan sekitar hutan dibawa ke Polsek Paninggaran.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Seorang pemuda yang tersesat di jalur pegunungan di Paninggaran Kabupaten Pekalongan merupakan seorang kurir yang akan COD barang ke wilayah Kecamatan Kandangserang. Pemuda bernama Ahmad Rifki (21), warga Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalonga ini tersesat karena mengikuti arahan google maps.

Kepala Desa Werdi, Lukman, Selasa, 21 Agustus 2023, mengatakan, informasi yang diperolehnya pemuda yang tersesat itu sebenarnya akan menuju ke wilayah Kandangserang untuk COD barang. Ia salah jalan akibat mengikuti petunjuk google maps. Sehingga masuk ke jalan yang sudah mati atau tak lagi digunakan warga yang berada di sekitar hutan.

"Jalan yang dilalui pemuda ini sudah tidak lagi dipergunakan oleh warga, dan kondisinya berubah menjadi setapak yang menyatu dengan hutan sehingga jarang dilewati," terang dia. 

Makanya, warga heran ada pengendara sepeda motor bisa masuk ke jalur itu. Padahal jalan yang dilalui menurun menuju sungai yang berada di bawah. "Jalan itu dulunya milik Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Jalan itu dulunya juga mengarah ke Kecamatan Kandangserang, namun tidak lagi dilewati. Jadi mungkin masih ada di google maps sehingga korban diarahkan ke sana," terangnya.

Baca juga:Gegara Ikuti GPS, Warga Gamer Pekalongan Ini Tersesat di Jalur Pegunungan Paninggaran

Lukman mengatakan, pemuda itu ditemukan di wilayah perkebunan dekat pemukiman warga. Yang bersangkutan dalam kondisi lemas berjalan dari bawah hingga akhirnya bertemu warga yang sedang melakukan pencarian.

"Ia ditemukan pada Minggu malam pukul 22.30 WIB dan langsung dievakuasi ke Polsek, sementara motor saat itu masih tertinggal di bawah," jelas Lukman.

Kapolsek Paninggaran AKP Agus Supriyanto menambahkan, korban saat ditemukan dalam keadaan selamat. Namun kondisinya lemas dan pihak keluarga juga sudah melakukan penjemputan.

Pemuda yang tersesat itu bernama Ahmad Rifki, warga Jalan Kapten Pattimura, Kelurahan Gamer, Kota Pekalongan. Ia mengatakan, Ahmad Rifki dalam perjalanan menuju ke Kecamatan Kandangserang mengendarai sepeda motor melalui jalur Kecamatan Paninggaran.

"Lantaran dalam kondisi gelap akhirnya yang bersangkutan tersesat lalu meminta tolong nitizen di media sosial," ungkap AKP Agus.

Baca lagi:Mobil Ini Nyungsep ke Ladang Jagung Gara-gara Ikuti Google Maps

Sementara itu, Yanti, ibu pemuda ini membenarkan peristiwa yang dialami anaknya. Dirinya sebelumya sudah merasa khawatir karena sejak sore hingga malam belum juga pulang ke rumah hingga ada kabar di media sosial.

"Malam itu kami jemput ke Polsek Paninggaran dan Alhamdulillah anak saya selamat," ucapnya.

Ia mengatakan, kondisi anaknya masih lemas dan sulit diajak bicara, mungkin trauma serta kelelahan. Di kakinya banyak terdapat luka tusuk dan gores akibat duri karena berjalan tanpa alas kaki saat ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: