RSUD Batang Optimis Pertahankan Akreditasi Paripurna

RSUD Batang Optimis Pertahankan Akreditasi Paripurna

SIMULASI - Kegiatan simulasi survei akreditasi RSUD Batang yang digelar, Jumat (25/8/2023).-Dhia Thufail-

BATANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batang mengupayakan perolehan Akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang akan kembali digelar pada tahun 2023 ini.

Direktur RSUD Kalisari Batang, Mochamat Ali Balkhi menyatakan, bahwa pihaknya optimis dapat mempertahankan nilai paripurna atau bintang lima yang sudah pernah didapatkan sebelumnya.

"Target kami, tetap mempertahankan akreditasi paripurna atau bintang lima,” ujar Ali Balkhi didampingi Ketua Tim Akreditasi RSUD  Batang, dr. Ibnu Mas'ud, Jumat (25/8/2023).

Dia menjelaskan, akreditasi dilakukan rutin tiap tiga tahun sekali. “Akreditasi terakhir dilakukan 2019 lalu, dan baru bisa kembali berjalan di 2023 ini. Adapun sekarang ini proses atau tahapan akreditasi ulang sedang berjalan,” terangnya.

Dijelaskan dia, bahwa akreditasi RS adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit oleh pemerintah. Oleh karenanya, kata dia, predikat ini penting untuk dipertahankan. Sebab, merupakan salah satu penilaian dari pemerintah pusat, layak atau tidak sebuah rumah sakit diberikan penghargaan.

Sementara itu, Ketua Tim Akreditasi RSUD  Batang, dr Ibnu Mas'ud mengatakan, bahwa pihaknya kini sudah mulai melangkah untuk memastikan proses akreditasi berjalan dengan sukses.

"Kami dari RSUD Batang saat ini sedang melakukan survei simulasi untuk penilaian akreditasi tahun 2023 bersama Tim Komite Akreditasi tingkat Kabupaten Batang. Kami mohon doa restunya supaya proses ini berjalan lancar,” katanya.

Ia mengungkapkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Tim kami dari RSUD intinya sudah siap dan nanti pada Oktober 2023 saat akreditasi sesungguhnya, kami bisa mencapai hasil maksimal atau paripurna," ungkap dr. Ibnu.

Persiapan yang cukup singkat, kata dr Ibnu, tidak menghalangi semangat dan tekad tim dalam menghadapi proses akreditasi ini.

"Persiapan kita sebenarnya cukup singkat tapi kita sudah berusaha secara maksimal dan Alhamdulillah semua teman-teman kompak saling bahu-membahu, dari perawat, komite medis, dan komite lainnya satu sama lain saling bekerja sama. Insya Allah dengan kesiapan kita sejauh ini dapat memperoleh predikat paripurna," tandasnya. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: