Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah Nabi

Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah Nabi

Ilustrasi orang sedang wudhu.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Tata cara wudhu sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam harus dipahami dengan baik. Sebab, shalat tidak akan diterima tanpa wudhu yang benar. 

Oleh karena itu, tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah harus dipelajari. Meski kesannya mudah, namun jangan menggampangkannya. Sehingga wudhu pun asal-asalan tanpa ilmu.

Shalat merupakan ibadah yang pertama kali dihisab di hari kiamat. Maka, apabila wudhu seseorang tidak sempurna, tentu akan mengurangi kesempurnaan ibadah shalatnya. 

Wudhu memang sudah tak asing bagi seorang muslim. Sejak kecil, kita sudah diajarkan cara berwudhu. Namun yakinkah jika tata cara wudhu yang selama ini kita pelajari sejak kecil sudah sesuai sunnah?.

Wudhu merupakan syarat sah shalat. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi was sallam bersabda, "Tidak diterima shalat orang yang berhadats sampai ia berwudhu".

Allah Ta’ala memerintahkan kepada kita dalam QS Al Maidah:6 untuk berwudhu saat akan mengerjakan shalat,

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki". (QS Al Maidah:6).

Baca juga:Dzikir dan Doa Usai Shalat Fardhu Sesuai Sunah

Marilah luangkan waktu sejenak untuk mempelajari tata cara wudhu sesuai Nabi Shallallahu alaihi was sallam.

Dalil tata cara wudhu, hadist dari Humran, bekas budak Utsman bin Affan, suatu ketika Utsman memintanya untuk membawakan air wudhu, kemudian ia tuangkan air dari wadah tersebut ke kedua tangannya. Maka ia membasuh kedua tangannya sebanyak tiga kali, lalu ia memasukkan tangan kanannya ke dalam air wudhu dan berkumur-kumur, lalu beristinsyaq dan beristintsar.

Selanjutnya beliau membasuh wajahnya sebanyak tiga kali, membasuh kedua tangannya sampai siku sebanyak tiga kali, menyapu kepalanya sekali, membasuh kedua kakinya sebanyak tiga kali.

Beliau mengatakan, “Aku melihat Nabi shallallahu alaihi was sallam berwudhu dengan wudhu yang semisal ini dan beliau shallallahu alaihi was sallam mengatakan, “Barangsiapa yang berwudhu dengan wudhu semisal ini kemudian shalat dua rakaat dan ia tidak berbicara di antara wudhu dan shalatnya maka Allah akan ampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Baca lagi:Berlindung dari Perbuatan Zina, Rutinkan Baca Doa Ini agar Tidak Terjerumus dalam Zina

Dari hadits di atas, maka tata cara wudhu sesuai sunnah Nabi shallallahu alaihi was sallam secara ringkas sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: