Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Perbaikan Jalan Pesisir Dikebut

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Perbaikan Jalan Pesisir Dikebut

INFRASTRUKTUR - Untuk mendorong perekonomian wilayah pesisir, Pemerintah Kabupaten Pekalongan bakal mempercepat perbaikan infrastruktur jalan. -Triyono-

KAJEN - Untuk mendorong perekonomian di wilayah pesisir, Pemerintah Kabupaten Pekalongan bakal mempercepat perbaikan infrastruktur jalan. Dengan begitu diharapkan ekonomi masyarakat sekitar bisa meningkat. 

Sekadar untuk diketahui, prioritas infrastruktur yang akan dilakukan perbaikan jalan menuju Tempat Pelelangan Ikan. Itu karena wilayah tersebut rawan banjir rob. Melihat kondisi itu, jalan tidak diaspal melainkan dirigid atau cor. 

Hal itu dibenarkan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat dialog dengan nelayan Kecamatan Wonokerto, kemarin. 

"Perbaikan jalan tidak lagi menggunakan aspal melainkan cor atau rigid, sehingga jalan tidak mudah rusak dan awet," katanya. 

Dijelaskan Fadia, ia masih ingat Pemkab Pekalongan saat pertama menjabat sebagai bupati telah menganggarkan Rp 12 untuk perbaikan jalan menuju TPI. Di tahun 2023 ini, lanjut Bupati, Pemkab Pekalongan kembali menganggarkan hampir Rp 8,1 miliar untuk jalan tahap berikutnya menuju TPI. Tak hanya itu, jalan TPI Pemkab juga menganggarkan Rp 600 juta untuk perbaikan lainnya. 

"Itu (Perbaikan infrastruktur, red) kita lakukan. Kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan itu untuk mendukung para nelayan Kabupaten Pekalongan. Karena nelayan yang ada di tempat kami hidup berada dibawah garis kemiskinan, untuk itu mudah mudahan kedepan terbebas dari hutang rentenir, " ujarnya. 

Untuk memperhatikan nasib nelayan, Bupati juga memperhatikan kesusahannya terkait tempat menyimpan ikan agar hasil tangkapan ikan tidak busuk sehingga ikan tetap segar. Hal itu bahkan disampaikan Bupati di depan Menteri Koperasi UKM. 

"Ini menjadi PR kita supaya nelayan memiliki fasilitas sehingga kesejahteraan nelayan kedepan harus meningkat,"imbuhnya.

Sementara itu seorang nelayan, Riyanto berharap dengan adanya perbaikan infrastruktur jalan menuju TPI maka pengunjung bisa meningkat sehingga ekonomi meningkat. 

"Kami berterimakasih kepada Bupati Pekalongan karena telah memperhatikan wilayah kami semoga dengan perbaikan jalan bisa membantu para nelayan, " ungkapnya. (Yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: