Masak Pakai Tungku, Rumah di Desa Lebakbarang Pekalongan Terbakar, Nenek 80 Tahun Alami Luka Bakar

Masak Pakai Tungku, Rumah di Desa Lebakbarang Pekalongan Terbakar, Nenek 80 Tahun Alami Luka Bakar

Rumah milik Duryat (55), di Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, terbakar, Jumat, 1 September 2023.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Masak pakai tungku kayu bakar dan ditinggal ke luar rumah sebentar, rumah warga di Dukuh Montong RT 001 RW 006, Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan terbakar.

Rumah milik Duryat (55), ini terbakar pada Jumat, 1 September 2023, sekitar pukul 08.30 WIB. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Salah satu penghuni rumah bernama Mbah Runti (80), mengalami luka bakar. Beruntung, manula ini sempat diselamatkan warga sekitar yang mengetahui rumah korban terbakar. Mbah Runti yang merupakan ibu korban langsung dilarikan ke Puskesmas Lebakbarang oleh warga setempat.

Sekretaris Desa Lebakbarang Slamet, menerangkan, rumah warga yang terbakar milik Duryat (55), di Dukuh Montong RT 001 RW 006. Akibat kejadian itu, korban diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta.

Disebutkan, sekitar pukul 08.30 WIB, ibu korban bernama Mbah Runti (80) menyalakan api di tungku dapur. Namun, ia meninggalkan tungku itu sebentar ke luar rumah untuk mengumpulkan daun cengkih kering. 

Baca juga:Jebol Teralis, 2 Anak Selamat dari Kebakaran

"Pas dilihat sudah ada kobaran api di dapur. Mbah Runti masuk lagi ke rumah mungkin untuk memadamkan api. Cuman karena sudah lanjut usia ia tidak bisa berbuat apa-apa," tutur Slamet.

Mbah Runti justru mengalami luka bakar saat mencoba memadamkan api yang membakar dapur rumahnya. Beruntung, korban masih bisa diselamatkan warga yang melihat kejadian tersebut. 

Mbah Runti alami luka bakar saat terkena reruntuhan atap dapur yang terbakar. Setelah dibawa ke Puskesmas Lebakbarang, Mbah Runti siang tadi dirujuk ke RSUD Kajen.

"Rumah ini hanya dihuni Pak Duryat dan ibunya itu. Pak Duryat cerai sudah lama dan tak punya anak," terang dia.

Disebutkan, saat kejadian Duryat tengah mencari rumput untuk pakan ternak. Ibunya di rumah sendirian dan pagi tadi diperkirakan tengah memasak menggunakan tungku kayu bakar.

Baca lagi:Rumah Sopir Angkot Kebakaran

"Rumah Pak Duryat ini baru selesai dapat bantuan RTLH tahun 2023 ini, selesai Juli kemarin. Baru dipasang herbel. Dulu rumahnya kayu semua," kata dia.

Akibat kebakaran itu, bagian dapur rumah dan atap rumah ludes dilalap api. Perabotan dan dokumen-dokumen kependudukan milik korban juga ludes terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: