Jelang Pemilu, Para Ketua RT Diminta untuk Netral

Jelang Pemilu, Para Ketua RT Diminta untuk Netral

*RT Sumber Kekuatan Kondusifitas Lingkungan

BATANG - Menjadi Ketua RT merupakan orang yang di percaya oleh warganya, karena dilihat mampu dan ikhlas menjalabkan tugas yang biasa dijadikan ujung tombak dan ujung tombok.

Jajaran Forkompinda berfoto bersama dengan pengurus PPRT. (DOK ISTIMEWA)

"Sumber kekuatan di Indonesia ada pada RT, dan Paguyuban Pengurus Rukun Tetangga (PPRT) hanya ada di Batang, dan merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia," ujar Bupati Wihaji saat hadir dalam Forum Silaturahmi Kamtibmas, Senin ( 18/3) di Aula Kantor Bupati setempat.

Bupati menjelaskan, PPRT adalah wadah para Ketua RT di desa dan kelurahan, maka harus melibatkan kepala desa sebagai pembinaanya. Karena hak itu sesuai dengab hirarki birokrasi yang ada di Indonesia.

"Rukun Tetangga (RT) merupakan kumpulan organisasi Pemerintahan yang paling terendah, sehingga ikut mensukseskan Pemilu 2019 yang aman dan kondusif, serta tetap harus menjaga netralitas dan juga independensinya," tegas Bupati Wihaji.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga dalam sambutanya menegaskan, PPRT merupakan salah satu dan bagian terpenting serta vital untuk menjadi partner dan mitra polisi dalam memastikan konduaivitas situasi keamanan ketertiban masyarakat.

"PPRT ini langsung bersentuhan dengan warga di tingkat RT, sehingga akan kita sinergikan dengan Babinkamtibmas untuk mengelola semua masalah yang terjadai di masyarakat," jelas AKBP Edi Suranta Sinulingga.

Kapolres menjelaskan bahwa kemitraan dengan PPRT pada masalah sosial. Hal itu guna meminimalisir agar tidak memicu muncul sosial, serta akan sinergikan dalam bimbiingan penyuluhan hukum, bimbingan penyuluhan partisipasi masyarakat, Narkoba, dan deteksi dini tentang terorisme.

"PPRT peranya sangat penting dan vital, apalagi pada tahun politik ini dalam menjaga kondusifitas, maka dalam pertemuan ini untuk tidak gampang percaya informasi yang tidak jelas, hindari berita hoak, jaran kebencian," ajak Kapolres.

Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry Rudy Napitupulu menyatakan rasa senang dan bersykur atas berdirinya PPRT sehingga semakin kompak menjaga keutuhan NKRI.

"Forkopimda sangat solid dalam rangka Pemilu 2019 yang siap mengamankan pelaksnaanya, agar bisa berjalan dengan lancar yang tidak lepas juga peran dari PPRT," Letkol Kav. Henry Napitupulu

Ia juga berharapkan dan menghimbau kepada jajaran pengurus PPRT untuk tunjukan soliditas dan solidaritas serta memberikan sumbangsih dalam membangun Kabupaten Batang.

Sementara Ketua Badan Pendiri Paguyuban Pengurus Rukun Tetangga ( PPRT) KH. Zaenal Mutaqim mengatakan, PPRT merupalan wadah RT dalam menyalurkan aspirasinya untuk memberikan informasi kepada seluruh Ketua RT.

"Keberadaan PPRT tidak untuk menandingi organisasi yang lain dan tidak akan ikut permasalahan yanh menjadi kewenangan desa," Kata KH Zainal Mutaqim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: