Giliran Gemuh, 438 Pendidik dan Kependidikan Ikuti Pengembangan Karir

Giliran Gemuh, 438 Pendidik dan Kependidikan Ikuti Pengembangan Karir

PENDAMPINGAN - Ratusan pendidik dan tenaga kependidikan di Kecamatan Gemuh ini nantinya mendapatkan pendampingan agar menjadi produktif menulis.-red/sef-

KENDAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal kembali menggulirkan program pengembangan karir dan kesejahteraan bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Kali ini giliran menyasar Kecamatan Gemuh, di mana 438 tenaga pendidik dan kependidikan mengikuti program yang akan melatih kompetensi para guru ini, Jumat (31/8/2023).

Jumlah tersebut berasal dari jenjang KB, TK, SD, dan SMP se Kecamatan Gemuh. Adapun acara dipusatkan Gedung serba guna Desa Lumansari.

Dalam kesempatan ini, Disdikbud juga menghadirkan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan SDM Azzam Learning Center, Ulum Azam, untuk menjadi narasumber. Di mana para guru nantinya akan dilatih agar lebih produktif membuat karya-karya ilmiah.

Menurut Ulum Azam, para guru nantinya tidak hanya dilatih agar produktif menulis. Lebih dari itu, sebagaimana menjadi arahan Bupati Kendal, para guru juga akan diberikan pemahaman bagaimana cara strategis mengembangkan kapabilitasnya guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

"Ini merupakan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal untuk memajukan Kualitas pendidikan di Kabupaten Kendal, tentunya diawali dari peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para guru terlebih dahulu," ujar Azam.

Azam optimis, bahwa dengan intervensi yang tepat kualitas SDM guru bisa di-upgrade. Karena itu, pihaknya akan memberikan pendampingan berbasis kebutuhan guru, baik melalui pelatihan-pelatihan, seminar literasi, pendampingan membuat artikel, karya Ilmiah dan lain sebagainya. "Dengan pendampingan tersebut para guru bisa meningkatkan karir dan pada akhirnya kesejahteraan mereka juga ikut meningkat," ujarnya. 

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, menyebut Pemkab telah dan terus memberikan perhatian bagi peningkatan SDM dan juga kepada tenaga pendidik melalui Perbup Nomor 77 tahun 2022.

"Perhatian tentu saya fokuskan pada pengembangan SDM termasuk juga kepada para pendidik, maka dari itu ada Perbup nomor 77 yang berisi tentang kebijakan daerah dalam rangka mendukung program penggerak di Kabupaten Kendal," ujar Dico M. Ganinduto.

Bupati juga menilai Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan salah satu jalan untuk pengembangan karir bagi guru sekaligus membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan para pemimpin pendidikan, pengembangan guru untuk implementasi pembelajaran yang berpusat kepada murid dan menjadi teladan serta agen transformasi ekosistem pendidikan.

Sementara itu upaya Pemerintah Kabupaten Kendal dalam memberikan mutu layanan pendidikan salah satunya adalah peningkatan kompetensi guru melalui program Pendidikan Guru Penggerak, Sekolah Penggerak dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Dari segi Kesejahteraan, Pemkab Kendal terus memberikan perhatian kepada tenaga pendidik KB, TK, SD dan SMP Non PNS melalui Bantuan Operasional Sekolah Pendamping dan tambahan Kesejahteraan bagi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di satuan Pendidik Swasta jenjang PAUD (KB/TPA/TK), SD dan SMP. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: