Wisudawan Unikal Siap Hadapi Dunia Kerja

 Wisudawan Unikal Siap Hadapi Dunia Kerja

DENGARKAN - Calon wisudawan mendengarkan moderator yang akan memulai acara. -Malekha-

*Pembekalan Wisuda periode September 2023 

KOTA - Berikan inspirasi calon wisuda Unikal untuk menghadapi dunia kerja profesional dan wirausaha, Universitas Pekalongan menggelar kegiatan pembekalan wisuda periode September 2023 dengan tema meraih peluang dan tantangan dunia kerja dan usaha, Senin (4/9/2023).

Disampaikan Kepala Unit Bimbingan Konseling dan karir M Milzam SE MM bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar sebelum calon wisudawan di wisuda. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk membekali calon wisudawan dalam menghadapi dunia pasca kampus. Agar mereka bisa lebih siap baik secara fisik maupun mental, sehingga mereka bisa menentukan langkah terbaik yang harus dilakukan usai tidak menyandang gelar mahasiswa.

"Pada periode September ini, Unikal akan mewisuda 703 mahasiswa. Namun yang mengikuti kegiatan pembekalan secara offline hanya 250 mahasiswa dan sisanya mengikut secara online," ungkap Milzam. 

Pada kesempatan pembekalan wisudawan pada periode September 2023 ini, Unikal menghadirkan tiga pemateri handal yang siap memberikan transfer ilmu kepada para wisudawan dari berbagai aspek, baik dari dunia kerja profesional maupun wirausaha, diantara pemateri yang hadir adalah Owner dan Founder Wakashio Indonesia grup Eko Puji Waluyo S.M, Founder dan CEO Amati Indonesia serta Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Kota Pekalongan Sri Budi Santoso. 

Ia berharap, dengan kegiatan ini bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada calon wisudawan untuk siap menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin cepat serta juga memberikan inspirasi atau ide untuk melakukan wirausaha mandiri.

"Sebagai lembaga UBKK Unikal tentunya kamu memiliki target, yaitu lebih baik dari waktu ke waktu. Indikatornya adalah masa tunggu dalam mendapatkan pekerjaan, kesesuaian bidang pekerjaan serta banyaknya alumni yang berwirausaha," imbuhnya.

Sementara itu, Warek III Unikal M Fajru Sidqi SPd MHum menuturkan bahwa kegiatan pembekalan wisuda ini sangat diperlukan bagi calon wisudawan. Karena bagaimanapun juga kehidupan nyata itu sangat berbeda dengan apa yang mereka dapatkan di kuliah. 

"Walaupun kita berupaya untuk memadukan kurikulum dengan dunia kerja, akan tetapi dunia yang terus dinamis harus terus di adaptasi dan ini menjadi tujuan dari kegiatan pembekalan ini," terang Fajru. 

Ditambahkan, acara ini akan memberikan pandangan baru kepada calon wisudawan yang mudah-mudahan setelah ini bisa berkontribusi lebih baik bagi masyarakat tentunya. Walau di manapun berkarya baik bekerja ataupun berwirausaha ataupun melanjutkan studi tentunya ada nilai yang harus mereka angkat yaitu bahwasanya lulusan Unikal harus menjadi lulusan yang selalu kreatif dan inovatif serta bisa diandalkan.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: