Tingkatkan Pendidikan Sekolah di Batang, PT BPI Gelar Workshop Analisis Tujuan dan Acuan Pembelajaran

Tingkatkan Pendidikan Sekolah di Batang, PT BPI Gelar Workshop Analisis Tujuan dan Acuan Pembelajaran

PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) menggelar Workshop Analisis Tujuan dan Acuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Desa Simbangjati, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, pada Kamis 7 September 2023.-istimewa -

*Dalam Kurikulum Merdeka

BATANG - Untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah-sekolah yang ada di sekitar PLTU Batang, PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) menggelar Workshop Analisis Tujuan dan Acuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Kegiatan yang digelar di Desa Simbangjati, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, pada Kamis 7 September 2023, itu diikuti oleh  guru-guru dari 28 sekolah di wilayah sekitar PLTU Batang. Selain itu, juga hadir perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Batang,

Senior Manajer PT Bhimasena Power Indonesia, Bhayu Pamungkas mengatakan, Workshop digelar dalam upayanya untuk berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Indonesia, dan khususnya di Kabupaten Batang.

"Pendidikan sangatlah penting dalam upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), sebuah rencana aksi global yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mengurangi kesenjangan sosial, dan menjaga lingkungan," ujar Bayu Pamungkas dalam sambutannya.

Dijelaskan, salah satu tujuan SDGs sendiri adalah mewujudkan pendidikan bermutu di semua tingkat pendidikan. Pasalnya, pendidikan memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

"Dan salah satu upaya dalam meningkatkan mutu tersebut adalah menjadikan proses pendidikan menjadi kegiatan yang menarik,  dan menyenangkan bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk guru dan juga para siswa," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam rangka mendukung pendidikan di Indonesia, pemerintah telah menggulirkan berbagai program pengembangan sekolah. Seperti Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Sekolah Berkarakter, dan Gerakan Sekolah Menyenangkan. 

"Tahun 2023 menjadi momen penting, karena pengembangan guru harus disesuaikan dengan kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan di lembaga pendidikan tingkat dasar," tegas Bayu.

Untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menerapkan kurikulum merdeka, PT BPI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang serta 28 sekolah mitra BPI untuk menyelenggarakan berbagai pelatihan dan workshop.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan output yang berguna bagi dalam meningkatkan kapasitas sumber daya di sekolah-sekolah di sekitar PLTU Batang," tandas Bayu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri Simbangjati, Salamah, menyampaikan terima kasihnya ke pihak BPI yang sudah menggelar acara Workshop Analisis Tujuan dan Acuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. 

"Saya berharap, acara ini benar-benar bermanfaat bagi para guru yang hadir," harapnya.

Korwil Pendidikan wilayah Kecamatan Tulis, Prapto Suwandi menambahkan, kegiatan semacam ini jarang dilakukan secara gratis. Namun, berkat dukungan PT BPI, acara ini menjadi gratis dan memberikan sertifikat keahlian tambahan bagi para guru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: