Jelang Ramadhan Harga Daging Ayam Terjun Bebas, Per kilogram Turun Rp 6 Ribu

Jelang Ramadhan Harga Daging Ayam Terjun Bebas, Per kilogram Turun Rp 6 Ribu

TURUN - Ditengah Pandemi Covid-19, Harga ayam jelang ramadhan kini mengalami penurunan Rp 6000/ kilogram. TRIYONO

KAJEN - Jelang bulan suci ramadhan harga sejumlah kebutuhan biasanya naik drastis, namun berbeda ramadhan kali ini karena harga daging ayam terjun bebas. Meski mengalami penurunan namun tingkat konsumsi masyarakat ditengah pandemi covid-19 ini, juga mengalami penurunan.

Adapun untuk harga daging broiler sebelumnya mencapai Rp 36.000 sampai Rp 40.000/ kilogram. Namun jelang bulan puasa 2020/1441 H kali ini malah mengalami penurunan yaitu Rp 30.000 per kilogram. Meski mengalami penurunan sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya, karena harga di tingkat peternak juga ikut turun.

Salah seorang pedagang daging ayam broiler, Mur asal Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi menyampaikan bahwa penurunan harga daging ayam sudah berjalan sejak dua pekan lalu. Harga ayam turun Rp 6000/ kilogram yang sebelumnya Rp 36.000 menjadi Rp 30.000.

"Padahal jelang ramadhan ini biasanya harga naik karena banyak masyarakat yang membeli baik untuk persiapan buka puasa ataupun saur. Namun untuk sekarang harga malah turun, " katanya.

Meski mengalami penurunan harga, lanjut dia, permintaan daging ayam tidak mengalami kenaikan bahkan menurun. Sebab terpengaruh adanya wabah virus Corona.

"Penjualan rata rata sama bahkan turun. Untuk sehari ya bisa habis 50 kilogram itupun dibantu jualan keliling suami, " katanya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: