Ratusan Warga Serbu Program 'Wadul' Bupati

Ratusan Warga Serbu Program 'Wadul' Bupati

WADUL- Ratusan warga ikut dalam program 'Wadul' Bupati Pekalongan yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (8/09/2023).-Triyono-

KAJEN – Ratusan warga ikut dalam program 'Wadul' Bupati Pekalongan yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (8/09/2023). Acara perdana forum “Wadul Bupati Pekalongan” yang merupakan sebuah forum ikhtiar dan inisiatif murni dari Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq.

Kegiatan tersebut dalam rangka membuka kanal atau keran komunikasi langsung dengan masyarakat Kabupaten Pekalongan yang akan menyampaikan informasi, keluhan, aduan ataupun masukan secara tatap muka langsung dengan Bupati Pekalongan.

Kegiatan 'Wadul Bupati Pekalongan' yang bakal digelar secara rutin itu, dipadati oleh lebih kurang 300 orang perwakilan masyarakat yang menyampaikan berbagai keluhan dan informasi. Pada acara tersebut, masyarakat dipersilakan menyampaikan keluhan atau aduan (Wadul) kepada Bupati secara langsung dengan tetap mengedepankan adab dan kesopanan. 

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq berharap, Wadul Bupati Pekalongan mampu menyempurnakan kanal–kanal aduan resmi Pemkab lainnya yang sudah terlebih dahulu. Mulai dari medsos maupun di kanal Lapor Bup melalui WhatsApp yang juga telah banyak membantu masyarakat berkomunikasi dan menyelesaikan masalahnya.

Melalui forum tersebut, informasi berupa aduan sekecil apapun ataupun masukan dari tingkat terbawah yaitu desa dapat tersampaikan dengan baik ke Bupati.

"Diharapkan seluruh masyarakat sampai dengan tingkat desa bisa menyampaikan laporan apapun yang terjadi di desanya yang sifatnya demi membangun Kabupaten Pekalongan bersama-sama dapat disampaikan. Sehingga kita dapat memberikan solusi dan prioritas apa yang akan kita buat, karena masukan dari bapak ibu itu perlu untuk dijadikan prioritas pembangunan," tegas Fadia.

Dalam forum tersebut, Fadia yang juga didampingi oleh Sekretaris Daerah, para Asisten Sekda serta para Kepala OPD meladeni dengan sabar berbagai pertanyaan masyarakat dan menyampaikan berbagai solusi dan langsung memberikan instruksi penyelesaian berbagai masalah yang disampaikan.

Namun demikian Fadia juga menyampaikan bahwa berbagai persoalan yang ada tentu akan diselesaikan oleh Pemkab Pekalongan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah serta mengacu berbagai peraturan yang mengikat. Namun dirinya menegaskan terus berkomitmen untuk menyelesaikan PR tersebut agar pembangunan dapat berjalan maksimal. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M Yulian Akbar mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk memanfaatkan dengan optimal kesempatan berkeluh kesah melalui “Wadul Bupati Pekalongan”. Sehingga masyarakat lebih marem (puas) karena bertemu secara fisik kadang diperlukan karena kita bisa melihat secara langsung respon dari orang yang kita temui. 

"Saya berharap mari kita optimalkan dengan baik kesempatan ini, ini acara informal, jadi santai saja, yang penting solusi dan tindak lanjutnya dari apa yang panjenengan wadulke, semoga memberi manfaat dan berkah dan utamanya membawa maslahat kesejahteraan bagi masyarakat,"ungkapnya.(yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: