Panduan Ternak Entok di Belakang Rumah, Agar Sukses dan Cepat Besar

Panduan Ternak Entok di Belakang Rumah, Agar Sukses dan Cepat Besar

Kandang entok di belakang rumah dengan sistem semi umbaran dilengkapi kolam buatan.-Hadi Waluyo-

Anakan entok bisa dibeli dari peternak yang sudah terpercaya. Siapkan kandang khusus untuk anakan entok dengan lampu penghangat. 

Hingga berumur 3 sampai 5 day of duck (DOD), anakan entok harus diberi pakan di dalam kandang. Setelah itu bisa dikeluarkan dari kandang supaya bisa berenang pada kolam yang sudah disediakan dan sudah diberi pelindung pagar. Selanjutnya, beri perawatan rutin untuk ternak entok kamu.

Jika kamu masih pemula, kamu bisa beli indukan entok. Sesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada. Jika memungkinkan, belilah satu pejantan dan tiga betina.

Dengan membeli indukan, pemeliharaannya akan lebih mudah jika dibandingkan membeli dari anakan. 

Baca juga:7 Cara Merawat Janda Bolong, Tanaman Hias yang Sedang Naik Pamor, Harganya Dapat Mencapai Puluhan Juta

Pakan Entok

Jumlah dan komposisi pakan entok harus disesuaikan dengan umur entok. Jika ingin entok cepat tumbuh besar, maka pakan harus mengandung protein tinggi yakni dengan memakai pelet atau voer. Selain pelet, kamu bisa membuat pakan entok sendiri.

Untuk membuat pakan racikan sendiri siapkan peralatan terpal, ember dan alat pencacah. Siapkan bahan dedak atau bekatul sebanyak 40 persen, nasi kering/ampas kelapa/ampas tahu/jagung giling sebanyak 20 persen, sisa sayuran/sisa buah/bungki/indigofera sebanyak 20 persen, teri/ikan kecil/cacing/bekicot sebanyak 15 persen, dan EM3 secukupnya. 

Campur semua bahan dalam ember. Tambahkan EM3. Lalu aduk hingga rata kemudian tutup rapat. Simpan selama dua minggu supaya bisa terurai sempurna.

Sesudah dua minggu, keluarkan pakan dan jemur sampai kering dan siap untuk digunakan.

Dosis Pakan Entok

Pakan entok diberikan secara teratur sebanyak tiga kali sehari. Untuk banyaknya pakan disesuaikan dengan umur entok. Porsi makan juga harus ditambahkan setiap minggu atau setiap lima hari sekali. 

Sedangkan untuk banyaknya pakan bisa ditambah setiap lima hingga tujuh hari sebanyak 50 persen dari pakan minggu sebelumnya.

Meski terkesan sepele, jangan lupa untuk selalu menyediakan minum bersih bersamaan dengan pemberian pakan.

Pemberian Vitamin dan Antibiotik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: