Panduan Ternak Entok di Belakang Rumah, Agar Sukses dan Cepat Besar

Panduan Ternak Entok di Belakang Rumah, Agar Sukses dan Cepat Besar

Kandang entok di belakang rumah dengan sistem semi umbaran dilengkapi kolam buatan.-Hadi Waluyo-

Kandang entok yang bagus harus memenuhi syarat sebagai berikut: sirkulasi udara baik, sinar matahari cukup, dan dilengkapi lampu penerangan serta penghangat.

Kandang juga harus aman dari air hujan, mudah dibersihkan, dan lokasi kandang dekat dengan kolam atau perairan.

Jika kandangnya beralaskan tanah, maka buat alas tanah lebih tinggi dibandingkan tanah di sekitar kandang.

Tujuannya agar air hujan tidak masuk ke dalam kandang. Kandang harus diberi ventilasi dan tambahkan atap bening agar cahaya bisa masuk ke dalam kandang, sehingga tanah dalam kandang tetap kering.

Membuat Kolam Mandi Entok

Entok merupakan unggas air, sehingga akan senang mandi di air. Untuk itu, kamu bisa buatkan kolam kecil berukuran sekitar 2 x 1 meter kedalaman antara 30 hingga 50 cm untuk mandi entok. Kolam ini bisa dibuat dari semen, terpal, atau plastik. 

Baca lagi:12 Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema, Dijamin Tumbuh Subur dan Banyak Anakan

Membangun Pagar

Pagarilah kandang entok kamu. Pagar ini agar entok tidak terbang kemana-mana, pengaman dari predator seperti anjing liar dan lenggarangan.

Selain itu untuk pengaman dari ancaman pencuri. Pagar kandang bisa menggunakan bambu dengan dilapisi waring atau spanduk dan MMT bekas.

Jika entok tak diberi pagar, entok bisa berkeliaran di perkampungan. Kotoranya pun akan menganggu rumah tetangga. Selain itu, jika entok diliarkan pengawasanya akan lebih sulit, rentan tertabrak kendaraan, dan masalah lainnya.

Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang harus selalu dijaga kebersihannya, agar virus dan penyakit tak mudah menyerang entok. Kamu bisa semprot kandang dengan disinfektan secara rutin. Disinfektan yang aman untuk unggas bisa dibeli di toko pertanian.

Sementara agar kolam buatan steril, bisa pakai EM4. Siram kolam dengan EM4 tersebut, sehingga bakteri patogen tidak berkembang biak dalam kolam.

Persiapan Anakan/Bibit Entok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: