Panduan Ternak Entok di Belakang Rumah, Agar Sukses dan Cepat Besar

Panduan Ternak Entok di Belakang Rumah, Agar Sukses dan Cepat Besar

Kandang entok di belakang rumah dengan sistem semi umbaran dilengkapi kolam buatan.-Hadi Waluyo-

Vitamin dan antibiotik diperlukan untuk menjaga daya tahan entok, terutama pada saat musim pancaroba yang rentang terhadap perubahan cuaca sehingga tubuh entok lebih lemah. 

Vitamin dan antibiotik ini bisa didapat dengan mudah pada toko pertanian atau bisa dibuat sendiri dari jus buah murni seperti pepaya, labu dan wortel, air rebusan dari parutan kunyit dan jahe atau temulawak yang disaring dan diberikan sebanyak dua hari sekali dengan cara dicampur pada pakan atau minum entok.

Baca lagi:7 Cara Merawat Adenium yang Baik dan Benar Agar Dapat Berbunga dengan Lebat

Mengatasi Penyakit Entok

Entok memang termasuk unggas yang tahan terhadap penyakit, namun virus pun terus berevolusi dengan cepat. Ini membuat entok yang tadinya kebal, bisa terserang oleh virus yang baru.

Untuk mencegah penyakit pada entok ini, maka gejala serangan penyakit harus diatasi dengan cepat.

Banyak penyakit yang biasa menyerang entok seperti kolera, berak putih, berak hijau, mata memutih, lumpuh, flu burung, korisa, salmonelosis, cacar, sinusitis dan lainnya. 

Jika penyakit pada entok tidak diatasi, entok bisa mati. Bahkan di beberapa jenis penyakit seperti flu burung penularannya sangat cepat. Tingkat kematiannya pun cukup tinggi.

Jika ada entok yang ada gejala sakit, segera dipisahkan dengan entok lainnya. Buatkan kandang karantina yang jauh dari kandang utama.

Jika populasi entok kamu sudah banyak dan potensi kerugiannya sangat besar jika ada serangan penyakit, maka tak perlu sungkan segera hubungi mantri ternak atau dokter hewan di dinas terkait agar segera melakukan pengobatan entok kamu.

Pengobatan pun bisa dilakukan secara komunal untuk seluruh ternak di wilayah kampung kamu, agar penularannya bisa segera dikendalikan.

Panen Ternak Entok

Entok sudah bisa dipanen saat berumur 4,5 bulan. Sebab masih muda dan dagingnya masih empuk, gurih dan enak.

Apabila dipanen melebihi umur lima bulan, maka entok sudah siap untuk kawin dan dijadikan indukan untuk ternak entok selanjutnya. 

Pasca Panen Entok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: