12 Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema, Dijamin Tumbuh Subur dan Banyak Anakan

12 Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema, Dijamin Tumbuh Subur dan Banyak Anakan

Tanaman hias aglonema-Tangkapan layar kanal Youtube Samsudin111290.-

RADARPEKALONGAN - Cara merawat tanaman hias aglonema harus dikuasai oleh pecinta tanaman hias yang populer ini, agar tumbuh subur dan banyak anakannya.

Dengan keunggulan corak daunnya yang khas dan unik, tanaman hias jenis ini perawatannya memang tak terlalu ribet.

Meski perawatan tanaman hias aglonema relatif mudah, termasuk bagi kamu yang baru mencoba untuk memeliharanya. Namun, perawatan yang tak tepat tetap saja bisa membuat tanaman aglonema merana. Bahkan tanaman ini bisa mati.

Untuk itu, bagaimana cara merawat tanaman hias aglonema yang benar tetap perlu dipahami. Sehingga tanaman hias kesayangan dapat tumbuh subur dengan anakan yang banyak. 

Perawatan tanaman hias aglonema tak jauh berbeda dengan merawat tumbuhan secara umum. Kasih sayang pemiliknya tetap memegang kunci agar tanaman dengan corak daun yang unik ini bisa tumbuh subur dan sedap dipandang mata.

Baca juga:12 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Polusi Udara, Efektif Bersihkan Udara

Berikut ini cara merawat tanaman hias aglonema yang dilansir dari beberapa sumber: 

1. Gunakan media tanam yang baik

Fungsi media tanam sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Ingin aglonema tumbuh subur dan banyak anakannya, maka media tanamnya harus bagus. 

Tanaman hias aglonema membutuhkan media tanam yang tidak menahan air terlalu banyak, namun tetap lembab. Gunakan media tanam dengan cukup nutrisi, agar tanaman hias ini bisa tumbuh dengan optimal dan lebih cepat bertunas. 

Beberapa komposisi media tanam yang bisa dipakai agar aglonema cepat beranak, diantaranya tanah, cocopeat, arang, dan kompos dengan komposisi 1:1:1 atau bisa 2:1:1:1; media tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1; dan media tanah, kompos, dan sekam padi dengan perbandingan komposisinya 2:1:1.

Cukup isi pot dengan setengah media tanam tersebut, agar tunas aglonema mudah muncul ke permukaan dan mendapat oksigen yang cukup. Media tanam pun harus gembur atau tidak padat.    

2.  Berikan pupuk secara rutin 

Agar tumbuh subur dan anakannya banyak, pemberian pupuk secara rutin diperlukan. Namun jangan terlalu sering. Cukup tiga bulan sekali, agar tetap menjaga kesuburan dan kesehatan tanaman hias ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: