12 Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema, Dijamin Tumbuh Subur dan Banyak Anakan

12 Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema, Dijamin Tumbuh Subur dan Banyak Anakan

Tanaman hias aglonema-Tangkapan layar kanal Youtube Samsudin111290.-

Sebagai media tanam pengganti bisa gunakan sekam, pupuk kandang, dan tanah yang baru dengan perbandingan satu banding satu.

Baca juga:9 Tanaman Pembersih Udara Terbaik di Rumah, Cocok Jadi Andalan Keluarga!

7. Jauhkan paparan sinar matahari langsung 

Salah satu kunci keberhasilan merawat aglonema ialah tercukupinya sinar matahari. Namun paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna daun jadi kuning dan layu. 

Meski demikian, ada banyak varietas aglonema yang justru butuh sinar matahari yang banyak. Contohnya Aglaonema suzy, aglonema jenis ini senang hidup di tempat terang untuk memaksimalkan warna daunnya.

8. Hindari suhu rendah atau dingin

Usahakan aglonema mendapatkan kelembapan yang tepat. Jangan memelihara tanaman jenis ini di suhu udara rendah atau di bawah 16 derajat Celcius. Sebab, bisa busuk dan perlahan mati jika hidup di ruangan yang terlalu lembab atau terlalu kering. 

9. Penyebaran bibit baru dan pemangkasan

Jika ada daun yang menguning atau layu bersihkan. Rutin lakukan pemangkasan agar pertumbuhan aglonema lebih stabil dan terhindar dari banyak gangguan atau hambatan bagian tubuh tumbuhan yang sudah tidak berfungsi lagi. 

Jika anakan terlalu banyak, pisahkan ke media tanam lainnya. Sehingga pertumbuhannya bisa maksimal.

Baca  juga: 12 Cara Merawat Aglonema untuk Pemula Agar Dapat Tumbuh dengan Subur, Ternyata Tidak Sulit Lho

10. Rutin basmi hama

Pemberasantasan hama penyakit tanaman harus rutin dilakukan. Kamu bisa menyemprotkan sedikit pestisida untuk membasmi hama yang bisa merusak aglonema kesayangan.

11. Memberi ZPT

Selain memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang, berikan zat pengatur tumbuhan atau ZPT agar aglaonema tetap subur dan sehat. ZPT berperan sebagai hormon sintetis yang bisa merawat aglaonema agar cepat bertunas dan subur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: