Makan Buah Apel Lebih Baik Sama Kulitnya atau Dikupas? Begini Penjelasan Dokter

Makan Buah Apel Lebih Baik Sama Kulitnya atau Dikupas? Begini Penjelasan Dokter

Soal Makan Buah Apel --Freepik.com

RADARPEKALONGAN – Makan buah Apel lebih baik sama kulitnya atau dikupas sering menjadi perdebatan di masyarakat.

Pasalnya muncul keraguan jika dikupas akan mengurangi kandungan gizi, kalau tidak takutnya bahaya bagi kesehatan.

Nah, buat kamu yang bingung dengan perdebatan tersebut bisa langsung simak saja artikel ini sampai akhir. Karena tim medis dr. Valda Garcia akan berbagi tips buat menyelesaikan kebingungan ini.

Beberapa orang ada yang bilang kalau makan apel itu harus sekalian sama kulitnya. Jadi tidak perlu dikupas terlebih dahulu, agar kandungan gizinya tidak berkurang.

Alasan tersebut ternyata sangat beralasan, karena vitamin yang ada di kulit buah Apel ini ternyata luar biasa sekali manfaatnya bagi tubuh.

Tapi disisi lain, makan buah Apel bersama dengan kulitnya juga bisa menimbulkan resiko. Hal itu disebabkan pada kulit buah Apel juga terdapat kandungan sisa pestisida yang berpotensi merusak organ tubuh dalam jika sampai masuk ke perut.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Waktu yang Tepat Makan Buah Apel Kaya Vitamin untuk Diet Sehat

BACA JUGA:Khasiat Buah Apel Segar yang Bisa Mencegah 7 Penyakit, Yuk Simak Ulasannya!

Jadi solusinya bagaimana? Apakah harus makan buah Apel sekalian sama kulitnya atau dikupas terlebih dahulu? Simak penjelasannya setelah pesan-pesan berikut ini.

Kandungan Kulit Buah Apel

Soal perbedaan cara makan buah apel itu sendiri, sebenarnya tidak ada yang salah.

Anggapan jika makan Apel harus dikupas dulu kulitnya tak salah. Demikian juga makan Apel sekalian kulitnya yang mengandung banyak gizi.

Karena secara umum, kulit buah Apel ini mengandung banyak nutrisi. Seperti vitamin A, C, Mineral, fosfor, kalsium dan serat yang tinggi.

Jika makan buah Apel tidak disertai kulitnya,  maka yang akan terjadi adalah gizinya pun ikut berkurang.

Sebenarnya Soal makan buah Apel ini kalau memang mau dikupas kulitnya, tidak jadi masalah. Sebab kandungan buah vitamin dan gizi dari Apel sendiri sudah banyak. Diantaranya serat, karbohidrat, lemak, protein dan kalori.

Namun demikian, karena buah Apel juga termasuk bagian kulitnya juga, maka penting untuk dipertimbangkan apabila akan dikupas. Apalagi dengan mengupas kulitnya akan menjadikan gizi dan nutrisi buah Apel yang diserap tubuh berkurang.

Kalau dipikir sayang juga membuang kulit buah Apel yang mengandung begitu banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung dalam kulit buah Apel ini jadi hilang begitu saja.

Tapi buat kamu yang ingin makan buah Apel tanpa dengan kulitnya, tak masalah juga.

Berikut ini tips cerdas yang akan dibagikan disini. Tentu saja sudah dilakukan uji klinis tips menghilangkan sisia pestisida yang ada pada kulit.

Tips Makan Buah Apel Sama Kulitnya

Tenang saja jika kamu makan buah Apel sama kulitnya, karena tidak akan jadi masalah kesehatan kalau benar cara membersihkannya.

Seperti yang akan dijelaskan pada poin ini biar tidak jadi kekhawatiran tersendiri.

Menurut publikasi Journal of Agricultur and Food Chemistry menjelaskan, sisa bahan pestisida yang mengandung zat lilin tersebut bisa hilang dengan dicuci menggunakan baking soda.

Baking soda atau soda kue efektif menghilangkan sisa pestisida yang menempel pada kulit buah Apel.

Jadi sekarang buat kamu tim makan buah Apel sama kulitnya tak perlu khawatir lagi zat pestisida yang berbahaya masuk ke dalam tubuh. Karena ternyata bisa dihilangkan dengan mudah pakai zat pestisida. Cukup ambil di dapur saja. Kalau tidak ada ya beli di tempat jualan soda kue.

Baking soda ternyata di dalamnya mengandung garam yang efektif menghilangkan kotoran, termasuk sisa pestisida yang menempel.

Jadi untuk membersihkan sisa pestisida sangat ampu sekali. Bisa jadi netralisir kandungan pestisida di area permukaan kulit.

Cara Membersihkan Kulit Buah Apel

Soal makan buah apel dengan kulitnya memang agak ribet, karena harus menghilangkan zat sisa pestisida.

Nah, biar aman makan buah Apel sama kulitnya, kamu bisa gunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Larutkan 1 sdm baking soda

2. Siapkan 100 ml air bersih untuk melarutkan baking soda

3. Madukkan buah Apel segar ke dalam wadah yang berisi larutan Baking Soda

4. Rendam selama 15 menit

5. Lalu cuci sampai bersih di air mengalir

Itulah penyelesaian Soal makan buah Apel sama kulitnya. Bagi kamu tim makan buah Apel tidak dengan kulitnya, berarti tak perlu ragu lagi dengan mengikuti tips di atas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc