Umat Islam Diminta Gelorakan Semangat Berderma

Umat Islam Diminta Gelorakan Semangat Berderma

PERESMIAN - Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam, meresmikan Komplek Muhammadiyah Canter TunasMu di Desa Sumber, Sukorejo, Kendal.-red/sef-

KENDAL - Belajar dari sirah Nabi, salah satu elan vital dari suksesnya dakwah Rasulullah adalah karena dukungan para sahabat yang total dalam mendermakan hartanya. Karena itu, semangat berderma ini perlu terus digelorakan umat Islam untuk mendukung aktivitas dakwah, baik dakwal bil lisan maupun bil hal.

Pesan ini disampaikan Ustadz Didik Widianto saat menyampaikan tausiah di hadawan warga Muhammadiyah yang menghadiri peresmian Komplek Muhammadiyah Canter TunasMu yang berada di Desa Sumber, tepatnya belakang SPBU Sumber, Sukorejo, Kendal, Minggu (10/9/2023).

Dalam soal berderma, Ustadz Didik mengajak kepada ummat Islam untuk meniru kepada sahabat Rasulullah yang dikenal totalitasnya dalam menyalurkan hartanya untuk kepentingan dakwah Nabi. Mereka antara lain Abubakar As-Shidiq, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf, serta lainnya, yang banyak mendermakan hartanya di jalan Allah.

“Mereka totalitas dalam mendermakan harta untuk biaya jihad fii sabilillah, ada juga para sahabat yang tidak kaya tapi tetap berkontribusi, dan juga ada kisah sahabat yang karena tidak memiliki cukup harta untuk membantu, beliau membantu dengan doa,” ujarnya seperti dilansir portal kendalmu.or.id pada 11 September 2023.

Dalam kesempatan peresmian ini, Muhammadiyah juga menerima wakaf sebidang tanah beserta bangunan rumah yang berlokasi di jantung kota Sukorejo tepatnya di Sudagaran Sukorejo. Wakaf diterima langsung Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam yang hadir untuk meresmikan Komplek Muhammadiyah Canter TunasMu.

Tanah dan rumah yang sebelumnya dipinjam pakai untuk ruang kelas kelompok belajar Nasyiah ini adalah milik Siswati, warga Sukorejo yang berprofesi sebagai dosen sebuah perguruan tinggi di Semarang. Wakaf ini rencananya bakal didayagunakan Muhammadiyah untuk pembangunan Klinik Pratama.

Mewakili PCM Sukorejo, Ketua Panitia Peresmian TunasMu, Shofiq Ghorbal menyebut wakaf yang diberikan ke Muhammadiyah pasti akan didayagunakan sesuai peruntukannya. “Kami sengaja menghadirkan para muhsinin yang telah berwakaf dan berdonasi sebagai sekaligus acara ini sebagai ajang silaturahim untuk menyampaikan ucapan terima kasih serta terus menggelorakan semangat berdonasi,” kata Shofiq.

Peresmian Kompleks Muhammadiyah Canter TunasMu sendiri berlangsung meriah. Penampilan Tim Drum Band Gema Sang Surya SD Muhammadiyah Sukorejo serta pentas beberapa siswa TK ABA II Kebumen ikut menyemarakkan acara.

Sementara itu, Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam, berharap bangunan yang ada di komplek Muhammadiyah Center Tunasmu dapat dimanfaatkan untuk kebaikan dan aktifitas yang dapat memberi manfaat banyak kepada masyarakat.

Ikhsan juga mengajak seluruh warga Muhammadiyah untuk tetap berbuat baik selama nyawa masih dikandung badan. “Usia boleh tua karena itu alamiah, tapi semangat harus tetap mudan. “Berbuat baik dapat dilakukan dalam berbagai bentuk seperti , berinfaq, wakaf, membantu dan menghormati orang lain,” jelasnya. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: