Jemput Bola, Layanan KB Hadir di Batang Expo

Jemput Bola, Layanan KB Hadir di Batang Expo

BATANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2K2B) Kabupaten Batang melakukan jemput bola pelayanan KB di Batang Expo 2019, Jumat (4/10). Cara itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah akseptor KB di Batang.

"Di Batang Expo ini, kami juga membuka pelayanan KB secara gratis untuk jenis KB Motode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), baik KB IUD Spiral maupun Implan. Harapannya dengan jemput bola ini semakin banyak masyarakat usia subur yang menjadi akseptor KB," terang Kabid KB DP3APK2B Batang, Singgih Pujiono didampingi Kasi Pelayanan KB, Himawan, saat memantau pelayanan di Batang Expo, Jumat (4/10).

Dalam kesempatan itu, setidaknya ada 50 orang yang menjalani KB MKJP di Batang Expo 2019. Sebelumnya para akseptor sudah didata dan diberikan sosialiasi di Puskesmas terdekat terkait pelaksanaan jemput bola layanan KB di Batang Expo.

Dijelaskan, tak hanya KB MKJP, pihaknya juga sedang mensosialisasikan agar banyak masyarakat yang mengikuti KB Motede Operasi Wanita dan Metode Operasi Pria. Menurutnya, belum banyak masyarakat yang menjadi akseptor untuk metode tersebut. Saat ini, di Batang sendiri sudah memiliki dokter spesialis khusus yang bisa melayani KB MOP dan MOW.

"Kami juga sedang gencar untuk menambah akseptor KB jenis MOW, yakni KB steril dan MOP atau vasektomi. Saya sendiri sudah menjadi akseptor MOP sejak lama, alhamdulillah sehat dan masih bisa beraktivitas seperti," tandas Singgih.

Sementara itu, salah satu warga Kecepak, Eryanti, mengaku senang dengan layanan jemput bola KB di Batang Expo. Selain gratis dan aman, ia juga bisa sekalian refreshing melihat gelaran Batang Expo dan juga menikmati layanan stan lainnya.

"Kalau saya lebih cocok ke Implan ya mbak. Sudah empat kali ini saya pakai jenis implan. Dan Alhamdulillah tidak pernah kebobolan. ," terang ibu dua anak ini. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: