Delapan Langkah Merawat Motor Yang Jarang Dipakai

Delapan Langkah Merawat Motor Yang Jarang Dipakai

PERAWATAN - Hati-hati motor yang sering dianggurin sebetulnya tetap perlu mendapatkan perawatan prima. -Anang-

SEMARANG - Punya motor, tapi jarang digunakan? Hati-hati motor yang sering dianggurin sebetulnya tetap perlu mendapatkan perawatan prima. Karena tanpa perawatan akan berpengaruh terhadap mobilitas motir itu sendiri.

Oleh karena itu, setiap pemilik kendaraan wajib mempersiapkan dan memperhatikan beberapa hal berikut, agar kondisi kendaraan tetap dalam keadaan prima. Apa saja yang perlu diperhatikan? Mari kita periksa:

Apabila motor jarang dipakai, usahakan setiap hari dinyalakan (pemanasan), setidaknya pagi hari antara 5-10 menit. Tujuannya agar baterai terisi (diisi) dan oli mesin bersirkulasi.

Usahakan menggunakan main stand (standar 2) untuk menjaga keawetan ban dan menjaga bentuk ban agar tetap sempurna, serta untuk menjaga kestabilan shock yang cenderung terbebani di sebelah kiri.

Tetap motor terisi bahan bakar secukupnya, agar menghindari bensin terlalu lama mengendap di tangki karena akan mengurangi kualitas bahan bakar.

Apabila motor tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, disarankan lepas terminal negatif (kabel warna hitam) pada baterai/accu.

Khusus untuk motor dengan teknologi smart key system memastikan smart key /remote dalam keadaan tidak aktif. Hal ini bertujuan agar unit tetap aman dari pencurian (ranmor), dan sinyal dari remote tidak akan terus dikirim sehingga akan menghemat baterai remote.

Pastikan tempat penyimpanan di dalam ruangan atau tidak langsung terpapar sinar matahari maupun air hujan agar cat cover dan kaca speedo tidak retak dan kusam.

Pastikan juga tempat aman dari serangga dan tikus, karena motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama bisa menjadi sarang.

Dan sering terjadi kabel listrik pada motor di gigit tikus yang mengakibatkan korslet /korslet.

Sebagian besar orang beranggapan kalau motor tidak dipakai maka kondisi akan selalu baik, sebetulnya pendapat itu tidak tepat. Justru jika motor tidak dipakai harus di pemanasan setiap hari agar tegangan arus listrik baterai atau accu dapat bersikulasi sehingga kondisi motor tetap prima.

Jika tidak melakukan pemanasan rutin setiap hari, tegangan arus listrik baterai atau accu pada motor bisa menurun dan cenderung turun. Nah, selain merawat sendiri motor dan menganggu, tiak ada salahnya suatu saat meminta tenaga ahli untuk menangani motor yangtelah lama menganggur.

Untuk itu bisa mengunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus melakukan pemeriksaan dan perawatan motor secara berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap dapat bekerja secara optimal.

Hery Suryo selaku Technical Service Manager Astra Motor Jateng mengatakan. "Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan datang AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan layanan." (nang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: