Bekali Kecakapan Literasi Keuangan Sejak Usia Dini

Bekali Kecakapan Literasi Keuangan Sejak Usia Dini

BELAJAR - Kegiatan belajar mengajar siswa di dalam kelas.-Malekha-

KOTA - Literasi dan edukasi keuangan bagi anak usia dini sangat penting karena dapat membentuk perilaku dan kebiasaan keuangan anak ketika memasuki usia dewasa. Hal yang perlu ditanamkan sejak anak masih usia dini bahwa literasi keuangan adalah essential life skills yang perlu dimiliki karena kita dalam melakukan aktivitas hidup sehari-hari, tidak terlepas dari transaksi keuangan.

Hal inilah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan, Zainul Hakim melalui kepala bidang SD, Unang Suharyogi literasi keuangan yang dipupuk sejak dini akan berimbas pada pemahaman keuangan dan akan terinternalisasi dalam diri anak sehingga membentuk karakter dan kebiasaan mengelola keuangan mereka di masa depan sebagai suatu budaya baik, seperti mengenal makna uang, kebiasaan menabung, hingga mendahulukan kebutuhan dari keinginan bahkan nilai-nilai berbagi.

“Saat ini masih marak kasus penggandaan uang, pencucian uang, judi online, pinjaman online dan lainnya, hal inilah yang harus kita waspadai, jika sejak usia dini, anak-anak sudah memiliki karakter dan sikap mengelola uang dengan baik, harapannya dewasa nanti mereka akan lebih bijak menggunakan uangnya, mereka bisa memahami pentingnya menabung, belanja dengan bijak dan berdonasi atau berbagi dengan orang lain,” katanya.

Ia menambahkan tumbuh kembang otak anak merupakan fase terbaik dalam merespon pengetahuan dan pengalaman baru yang akan membentuk kebiasaan mereka di usia dewasa nanti.

Lebih lanjut, dikatakan Unang literasi keuangan saat ini sudah mulai diajarkan pada jenjang SD mulai kelas 3 melalui cha-ching curriculum, hasil kolaborasi dengan organisasi Prestasi Junior Indonesia. Dimana kurikulum ini diintegrasikan dengan mata pelajaran lain yang memiliki tema serupa. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: