Tips Menghindar Celaka, Jika Mendadak Rem Motor Matic Blong

Tips Menghindar Celaka, Jika Mendadak Rem Motor Matic Blong

HATI-HATI - Pada rute dengan banyak turunan panjang, pengendara motor matic harus lebih berhati-hati.-Anang-

SEMARANG - Saat harus melintasi rute dengan banyak turunan panjang, pengendara motor matic harus lebih berhati-hati, karena rem motor matic biasanya rawan blong, terutama di turunan panjang.

Penyebabnya, motor matic hanya bergantung pada rem untuk menghentikan lajunya, tak ada engine brake yang seefektif motor bertransmisi manual. Rem motor matic bisa blong karena rem yang ditekan terus menerus akan menimbulkan panas berlebih akibat mengotak-atik antara cakram dan kampas rem. Akhirnya minyak rem pun mendidih dan menyebabkan angin palsu yang jadi penyebab rem blong.

Oke Desiyanto selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng mengatakan, "Lalu bagimana cara mengantisipasi rem motor matic jika tiba-tiba terjadi blong?, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Diantaranya, cara penggunaan rem, dan selalu ambil jalur sebelah kiri," kata Oke.

Berikut tips ketika motor mendadak mengalami rem blong :

Gunakalah rem secara bergantian antara rem depan dan belakang, tujuannya untuk mengurangi risiko rem blong secara bersamaan

Jika salah satu rem terasa blong, sebaiknya segera menepi untuk mendinginkan piringan cakram dan kaliper, tunggu sampai rem normal Kembali

Lakukan mendinginkan piringan cakram, secara alami saja, alias mengandalkan udara sekitar.

Jangan pernah menyiramkan udara pada saat cakram dalam kondisi panas, karena akan membuat cakram malah menjadi bengkok.

Rem mesin di motor matic sangat kecil. Dan bekerja pada kecepatan tinggi ke rendah. Penggunaannya jadi kurang efektif karena harus membuka sedikit putaran gas. menyarankan untuk menutup putaran gas, agar motor tidak malah menambah laju.

Selalu ambil lajur kiri, agar mudah mencar jalur penyelamatan jika terjadi rem blong.

"Nah, untuk menghindari kemungknan terjadinya rem blong secara mendadak, perhatikan selalu perawatan motor, terutama pada bagian rem. Jika mengalami kendala terhadap motor yang dimiliki, bisa langsung mengunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus melakukan pemeriksaan dan perawatan motor secara berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap dapat bekerja secara optimal," jelas Oke. (nang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: