Masyarakat Bisa Cek Kelayakan Media dan Wartawan lewat Dewan Pers

Masyarakat Bisa Cek Kelayakan Media dan Wartawan lewat Dewan Pers

masyarakat bisa langsung mengkroscek kelayakan media atau wartawan lewat dewan pers. -IST -

BATANG, RADAR PEKALONGAN - JMSI Batang Pekalongan, menyebut masyarakat atau lembaga tak perlu lagu untuk menjali kemitraan dengan wartawan. Jika khawatir justru akan dirugikan oleh oknum wartawan, masyarakat bisa langsung mengkroscek kelayakan media atau wartawan lewat dewan pers. 

Hal ini seperti disampaikan Ketua JMSI Batang Pekalongan, Achmad Ujiyanto saat menggelar audiensi dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan, Senin (18/9/2023). 

"Bisa langsung dicek di laman resmi website dewan pers. Baik dari data media yang terverifikasi ataupun wartawan yang telah bersertifikasi. Dan harusnya jika sudah terdaftar di dewan pers, baik media ataupun wartawan harus mematuhi kode etik," ujar lelaki yang kerap disapa Uji ini. 

Dalam kesempatan ini, uji juga menjelaskan jika produk jurnalistik itu harus jelas mulai dari 5 W (What, Where, When, What dan Who) dan 1 H (How). 

Jika hanya ada informasi tanpa ada kejelasan ataupun narasumber, maka hal itu hanya sekadar informasi liar. Apalagi jika sumbernya bukan dari pihak terkait. 

Pihaknya berharap, ke depan semakin banyak lembaga atau masyarakat yang bermitra dengan JMSI Batang-Pekalongan, lantaran punya anggota dan media yang telah terverifikasi di dewan pers. 

"Kami juga siap bersinergi dengan Pudam Sendang Kamulyan. Baik dari sisi sharing tentang dunia jurnalistik ataupun hal lain," pungkasnya.

Dalam audiensi ini, jajaran pengurus JMSI Batang-Pekalongan diterima langsung oleh Direktur Umum (Dirum) Pudam, Sys Mandayun. Ia turut mengapresiasi kedatangan jajaran pengurus JMSI Batang-Pekalongan. Harapannya, perusahaannya bisa bersinergi dengan JMSI, baik kaitan pemberitaan atau hal lainnya.

Ia pun mengatakan tahu bahwa JMSI merupakan bagian dari konstituen Dewan Pers. 

"Kami siap menjalin sinergi dengan rekan-rekan jurnalis, seperti yang sudah kami lakukan selama ini," pungkasnya. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: