Realme C51 NFC, RAM 4 GB dan Sudah ada Sensor Pemindai Sidik Jari

Realme C51 NFC, RAM 4 GB dan Sudah ada Sensor Pemindai Sidik Jari

--

Realme meluncurkan produk barunya pada bulan Agustus 2023 yakni Realme C51 di Indonesia. Dengan harga yang relatif terjangkau yakni hanya Rp 1 Jutaan sudah mendapatkan fitur yang lumayan lengkap termasuk NFC. 

RAM 4 GB

Dijual dengan harga Rp 1 jutaan, realme C51 ini menawarkan kapasitas RAM 4 GB saja. Kapasitas tersebut tentu terasa masih kurang di kelas harganya.

Kapasitas RAM yang sudah terpakai oleh sistem realme C51 ini mencapai 2,1 GB atau sekitar 56 persen dari keseluruhan. 

Artinya, kapasitas RAM yang tersedia dan bisa digunakan hanya sekitar 1,6 GB saja. Hal ini tentu menjadi pertimbangan yang cukup serius.

Sebagai perbandingan, terdapat beberapa merek HP lain di kelas harga yang berdekatan dengan RAM yang lebih besar. Mulai dari Itel S23 dengan harga Rp 1 jutaan yang sudah dibekali RAM hingga 8 GB. Selain itu ada Infinix Hot 30 yang punya harga Rp 1 jutaan dengan RAM 8 GB.

Jika Anda memiliki budget lebih, Anda juga bisa memilih Redmi 12 yang dijual Rp 2 jutaan dengan RAM 8 GB.

Dengan banyaknya HP lain yang memiliki RAM lebih besar di kelas harga yang sama. realme agaknya harus lebih berhati-hati dalam menyematkan RAM di HP entry selanjutnya. 

Meski begitu, realme C51 tetap dibekali fitur Dynamic RAM hingga 4 GB. Setidaknya, kapasitas RAM akan lebih lega, dengan catatan tetap harus menggunakan microSD.

Sensor Pemindai Sidik Jari

Meski berada di kelas entry, realme C51 sudah dibekali sensor yang cukup lengkap. Misalnya fingerprint atau sensor pemindai sidik jari yang sudah terintegrasi dengan tombol power di bagian samping. Hal ini membuatnya memiliki bodi belakang yang bersih tanpa ada bulatan untuk fingerprint.

Selain itu, terdapat sensor lainnya seperti akselerometer, cahaya, proksimitas, hingga kompas. Bahkan, realme C51 ini sudah dibekali sensor giroskop yang berfungsi untuk menentukan arah dengan gerakan.

Sayangnya, sensor giroskop atau gyro yang dimiliki HP ini hanya bersifat virtual saja, bukan hardware. Hal ini mengakibatkan respons yang diberikan sensornya sedikit delay.

Tentu saja hal tersebut menjadi masalah, terutama jika Anda suka memainkan game balapan atau tembak menembak. Meski bisa menggunakan gyro, pergerakannya akan lambat dan tidak nyaman saat digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: