5 Kunci Membangun Hubungan Sehat dan Romantis, Terhindar dari Toxic Relationship

5 Kunci Membangun Hubungan Sehat dan Romantis, Terhindar dari Toxic Relationship

Ilustrasi membangun hubungan sehat dan romantis-freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Siapa sih yang tidak ingin hubungannya awet? Nah kamu perlu tahu dulu nih kunci membangun hubungan sehat dan romantis. Supaya nantinya hubunganmu bisa awet dan terhindar dari toxic relationship.

Baiklah langsung saja ya, hubungan yang sehat dan romantis itu yang seperti apa ya kira-kira. Pertama hubungan yang sehat, artinya hubungan yang ditandai dengan adanya rasa saling menghargai satu sama lain.

Sedangkan hubungan yang romantis adalah hubungan yang ditandai dengan adanya rasa kedekatan dan kelembutan yang didukung oleh adanya komitmen, passion, dan keintiman.

Dari kedua tipe hubungan tadi, ada nih tipe hubungan yang sebaiknya dihindari, yaitu toxic relationship atau hubungan yang beracun.

BACA JUGA:Benarkah Hubungan Suami Istri Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental? Simak Ulasannya!

Toxic relationship ini adalah hubungan yang dijalankan dengan tidak sehat. Biasanya akan disertai dengan adanya kekerasan baik secara verbal, fisik bahkan psikis.

Orang yang menjadi korban pada hubungan ini biasanya akan cenderung merasa tidak dihargai, direndahkan, takut, cemas dan tidak bahagia.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan suatu hubungan ini tidak sehat, yaitu bisa karena adanya trauma atau pengalaman masa lalu yang buruk, kurangnya rasa percaya, tidak mampu berempati dan bersimpati dengan pasangan, atau bahkan adanya gangguan mental pada diri pelaku.

Nah untuk itu jika kamu ingin terhindar dari hubungan yang toxic, maka kamu perlu mengetahui beberapa kunci membangun hubungan sehat dan romantis.

BACA JUGA:Wapadai! Ini 6 Bahaya Trauma Masa Kecil yang Tidak Diobati, Bisa berdampak pada Perilaku Sehari-hari

Kunci Membangun Hubungan Sehat dan Romantis

1. Percaya pada pasangan

Membangun hubungan sehat dan romantis bisa dilakukan dengan menerapkan rasa saling percaya. Rasa percaya ini lah yang menimbulkan rasa aman pada satu sama lain.

Biasanya dari masing-masing pasangan akan timbul kesadaran untuk tidak menyakiti atau mengkhianati pasangannya. Selain itu kepercayaan dapat meningkatkan ikatan emosional dalam sebuah hubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: