Pembangunan Polsek Banyuputih Bakal Telan Anggaran Miliaran Rupiah

Pembangunan Polsek Banyuputih Bakal Telan Anggaran Miliaran Rupiah

MULAI DIBANGUN - Peletakan batu pertama sebagai tanda segera dimulainya pembangunan Polsubsektor Banyuputih.-Dhia Thufail-

*Hasil Hibah Pemkab Batang

BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang jadi menghibahkan dan membiayai pembangunan Markas Komando Kepolisian Sektor Banyuputih. Tak tanggung-tanggung, anggaran APBD yang dikucurkan mencapai miliaran rupiah untuk pelaksanaan yang dibagi dalam tiga segmen atau multiyears.

Seperti dijelaskan Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, bahwa pembangunan Mako Polsek Banyuputih yang menggunakan sebagian lahan pangkalan truk Penundan ini akan dilakukan bertahap yaitu pada tahap pertama dianggarkan senilai Rp840 juta.

"Nilai anggaran pembangunan akan dilakukan secara bertahap, jadi pada tahap pertama ini pagu fisik ditawar oleh CV Tiga Darah Batang sebagai pemenang tender senilai Rp672 juta," katanya, Selasa (19/9/2023).

Menurut dia, pembangunan Mako Polsek Banyuputih pada tahap kedua direncanakan pada 2024 dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,5 miliar. Anggaran itu digunakan untuk menyelesaikan fisik bangunan utama.

Kemudian, kata dia, pada tahap ketiga akan dilakukan pekerjaan seperti penataan halaman, pagar, urugan, perkerasan, dan lampu yang akan dianggarkan Rp1 miliar.

Untuk diketahui, Kantor Polsek Banyuputih menempati tanah seluas 2.025 meter persegi. Rinciannya panjang 75 dan lebar 27 meter persegi.

"Kami berupaya semua kecamatan di daerah ini mempunyai polsek sebagai upaya polisi bisa lebih mendekatkan diri pada masyarakat," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Batang, AKBP Saufi Salamun mengatakan lokasi pembangunan Mako Polsek Banyuputih berada di Kawasan Pangkalan Truk Penundan, Kecamatan Banyuputih.

"Hari ini resmi dibangun Mako Polsek Banyuputih yang merupakan bantuan dari Pemkab Batang dalam mendukung operasionalisasi kepolisian di daerah," katanya.

Menurut dia, pembangunan Mako Polsek Banyuputih untuk melengkapi fasilitas polsek setiap kecamatan yang ada di daerah setempat dengan tujuan memberikan peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat yang nyaman dan ketertiban wilayah.

"Kehadiran kepolisian dan TNI di tempat umum pasti akan memberikan masyarakat senang dan nyaman," tandasnya. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: